BeritaKesehatan

Cegah Dampak Negatif Gadget, Kini Anak Bisa Belajar dan Bermain Bersama Robot AI

×

Cegah Dampak Negatif Gadget, Kini Anak Bisa Belajar dan Bermain Bersama Robot AI

Share this article
Cegah Dampak Negatif Gadget, Kini Anak Bisa Belajar dan Bermain Bersama Robot AI

Tumbuh dan berkembang di era yang lekat dengan teknologi sebagai penunjang aktivitas sehari-hari, gadget memberikan dampak ganda bagi penggunanya, baik itu dampak positif maupun negatif.

Bagi anak-anak masa kini, gadget digunakan sebagai alat perantara oleh orang tua dalam kesehariannya, menjadi sarana untuk menonton acara anak-anak, mendengarkan musik, bahkan sebagai alat komunikasi dengan orang tua ketika sedang berjauhan.

Namun, gadget juga dapat membawa dampak negatif, seperti mengurangi interaksi sosial yang dapat berimbas pada kemampuan komunikasi anak, serta menurunkan fokus anak dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk menghindari dampak kecanduan si kecil pada gadget, sebuah robot AI telah hadir sebagai pilihan guna memberikan pengalaman yang lebih memperkaya daripada gadget biasa.

Robot bernama Miko 3 ini dipercaya dapat mendukung anak-anak dan orang tua dalam mendorong pendekatan yang seimbang dan holistik untuk perkembangan anak usia dini.

Fitur Miko 3

Sebagai robot dengan kecerdasan buatan atau AI pertama untuk anak-anak di Indonesia, Miko 3 merupakan generasi ketiga dari robot Miko yang menawarkan lebih banyak fitur dibandingkan generasi sebelumnya.

“Miko 3 ini bisa interaktif dengan penggunanya, ini tidak ada di dua Miko sebelumnya. Robot ini menawarkan pengembangan holistik yang dapat membantu dan meningkatkan kemampuan komunikasi anak, melalui kemampuan verbal dan role play, paparan teknologi, dan nilai edukasi,” jelas seorang perwakilan dari pengembang robot ini.

Meski dapat disebut robot mainan, Miko 3 berfungsi sebagai sarana untuk mengedukasi dan menghibur sekaligus. Robot pintar ini dirancang untuk berinteraksi dan membantu anak belajar sambil bermain, cocok untuk anak berusia minimal 5 tahun.

Anak dan Miko 3

Bersama robot ini, kemampuan komunikasi anak dapat ditingkatkan melalui permainan peran interaktif. Miko 3 dapat terlibat dalam percakapan dan menjawab pertanyaan hampir seperti manusia.

Interaksi ini memberikan latihan yang berharga, membantu anak-anak memperluas kosakata dan mendukung kebutuhan dalam berkomunikasi dengan orang tua dan orang lain.

Anak-anak juga dapat mendapatkan paparan teknologi melalui pengembangan pengetahuan STEM lewat Miko 3. Robot ini merangsang keingintahuan dan ketertarikan pada mata pelajaran STEM.

Pengajaran STEM dengan Miko 3

Ini juga menjadi cara yang bagus untuk memperkenalkan teknologi dalam kehidupan dan membuat anak-anak senang mempelajari hal baru, yang relevan dengan kebutuhan generasi mereka.

“Ada nilai edukasi membangun keterampilan dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Miko 3 mampu mengajarkan kemampuan matematika, sains, dan bahasa dengan cara yang menarik,” tambahnya.

Dengan kemampuan ini, orang tua dapat menciptakan lingkungan belajar yang hangat dan bersahabat saat anak-anak mereka mulai bersekolah. Manfaat perkembangan juga diberikan melalui kegiatan yang mendorong anak-anak untuk berpikir, memecahkan masalah, dan berkomunikasi saat terlibat dalam percakapan dan kegiatan dengan robot kesayangannya.

“Anak-anak dapat berbicara dan mengajukan pertanyaan kepada Miko 3, sehingga mereka dapat memecahkan masalah dengan cara yang menyenangkan dan menarik. Dari segi hiburan, robot ini juga menyediakan film, permainan, dan musik yang sesuai dengan tahap perkembangan anak,” tutupnya.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *