BeritaOtomotif

Cara Mudah Merawat Power Window supaya Awet

×

Cara Mudah Merawat Power Window supaya Awet

Share this article
Cara Mudah Merawat Power Window supaya Awet

JAKARTA – Hampir semua mobil baru saat ini sudah dilengkapi dengan fitur power window yang memudahkan pengguna dalam membuka dan menutup jendela. Namun, karena sistem ini mengandalkan motor penggerak, perawatan yang tepat sangat penting untuk menjaga fungsinya agar tetap optimal. Dengan melakukan perawatan yang baik, umur power window juga bisa diperpanjang.

Ryan, seorang mekanik dari bengkel spesialis power window, Tiga Saudara Motor, di Pasar Mobil Kemayoran, Jakarta Pusat, menjelaskan bahwa salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah karet list pada kaca. Jika karet ini mulai mengeras, hal tersebut dapat menghambat pergerakan kaca dan membuat motor listrik bekerja lebih berat.


Sumber: Erwin Setiawan
Perawatan power window dengan melumasi karet pintu yang bertautan dengan kaca jendela

Ryan menyarankan pemilik kendaraan untuk membersihkan karet list kaca atau jalur kaca dengan menggunakan minyak sayur atau cairan khusus seperti silikon spray. “Bersihkan karet dengan minyak sayur atau silikon spray agar kinerja motor lebih ringan dan umur pakai bisa lebih lama. Hindari menggunakan oli atau semir ban, karena meskipun awalnya licin, karet tersebut bisa mengeras seiring waktu,” jelasnya.

Pengguna kendaraan juga diingatkan untuk menggunakan power window secara bijak. Hindari terlalu sering menaikan dan menurunkan kaca jika tidak diperlukan, serta tidak membuka kaca sepenuhnya. Terlalu banyak pengoperasian dapat menyebabkan kerusakan pada sekring.

Sekring berfungsi memutus aliran listrik untuk mencegah terjadinya korsleting. Ketika sekring rusak, seluruh sistem power tidak akan berfungsi.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *