BeritaOtomotif

Cara Merawat Mobil Listrik agar Usia Pakai Panjang

×

Cara Merawat Mobil Listrik agar Usia Pakai Panjang

Share this article
Cara Merawat Mobil Listrik agar Usia Pakai Panjang

JAKARTA – Mobil listrik kini semakin menarik perhatian sebagai alternatif yang lebih ramah lingkungan dibandingkan kendaraan berbahan bakar fosil.

Meski menawarkan banyak keuntungan, seperti emisi yang lebih rendah, setiap pemilik mobil listrik perlu memahami cara merawat mobil mereka agar dapat berfungsi dengan baik dan tahan lama.

Menurut Anton Jimmy Suwandi, seorang Direktur Pemasaran di PT Toyota-Astra Motor (TAM), perawatan mobil listrik relatif lebih sederhana dibandingkan dengan mobil konvensional karena tidak memerlukan penggantian oli mesin.


Foto: DIO DANANJAYA Mobil listrik Volvo EX30 di GIIAS 2024

“Untuk kendaraan listrik berbasis baterai (BEV), perawatannya lebih sederhana karena tidak membutuhkan oli untuk melumasi mesin. Yang perlu diperhatikan agar kendaraan memiliki usia pakai yang panjang adalah mengikuti cara penggunaan yang normal dan melakukan perawatan rutin di bengkel resmi untuk pengecekan menyeluruh,” katanya.

Menurut Lung Lung, pemilik bengkel Dokter Mobil, pemilik mobil listrik juga harus memperhatikan kondisi baterai dan sistem pendingin.

“Pemeriksaan rutin pada baterai sangat penting untuk memastikan performa tetap optimal. Selain itu, sistem pendingin yang baik akan mencegah overheating yang dapat merusak baterai,” ujarnya.

Dengan perawatan yang tepat dan pemantauan rutin, mobil listrik dapat memberikan kinerja yang andal dan umur yang lebih panjang.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *