BeritaKesehatan

Cara Merawat Gigi Sensitif di Musim Panas, Tak Cukup dengan Pasta Gigi?

×

Cara Merawat Gigi Sensitif di Musim Panas, Tak Cukup dengan Pasta Gigi?

Share this article
Cara Merawat Gigi Sensitif di Musim Panas, Tak Cukup dengan Pasta Gigi?

Musim panas adalah waktu yang ideal untuk menikmati berbagai hidangan lezat, namun gigi sensitif seringkali menjadi kendala.

Menurut laman Hindustan Times pada Rabu (21/8/2025), Dr. Neha Chhabra, Co-Founder Bentodent, mengungkapkan pentingnya memilih pasta gigi untuk gigi sensitif yang berbahan dasar alami untuk mengatasi masalah ini.

Dr. Chhabra menjelaskan bahwa banyak pasta gigi di pasaran mengandung nitrat atau sodiun fluorida, namun ia merekomendasikan pasta gigi yang mengandung bahan alami seperti tanah liat bentonit, cengkeh, propolis, dan daun jambu biji.

Bahan-bahan ini tidak hanya efektif mengurangi sensitivitas, tetapi juga menghindari efek samping seperti iritasi dan perubahan rasa yang sering terjadi pada produk dengan bahan kimia.

Selain menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif, penting untuk membersihkan gigi dengan benang gigi setiap hari.

Metode ini membantu menghilangkan plak dan bakteri dari gusi, meningkatkan kesehatan gusi dan mengurangi sensitivitas. Dr. Chhabra juga menekankan pentingnya minum banyak air untuk membersihkan partikel makanan dan mengencerkan efek minuman asam atau manis.

Kalsium juga berperan penting dalam menjaga kekuatan gigi. “Sertakan produk susu seperti yogurt dan keju dalam diet Anda untuk meningkatkan perawatan mulut Anda,” katanya, dikutip dari Antara.

Selain itu, menggunakan obat kumur non-alkohol atau herbal dapat memberikan perlindungan ekstra pada email gigi. Penting juga untuk makan dengan penuh kesadaran dan berkumur setelah makan.

Sheetal Kochhar mengatakan, pemeriksaan kesehatan mulut secara teratur dan penggunaan pasta gigi desensitisasi dapat membantu mengatasi rasa sakit yang terkait dengan sensitivitas gigi.

“Dokter gigi dapat membantu Anda memilih pasta gigi yang tepat. Aplikasi fluoride oleh dokter gigi juga dapat memperkuat gigi dan mengurangi sensitivitas,” jelas Kochhar.

Perawatan tambahan untuk mencegah gigi sensitif meliputi perawatan saluran akar, penggunaan sikat gigi berbulu lembut dengan gerakan lembut, cangkok gusi untuk menutupi akar yang terbuka, dan pelindung gigi untuk menghindari terkikisnya email bagi mereka yang memiliki kebiasaan menggeretakkan gigi.

Menghindari makanan asam dan banyak minum air setelah memakannya juga penting untuk menyeimbangkan kadar asam dalam mulut.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *