BeritaKesehatan

Cara Efektif Mengatasi Gigi Sensitif di Musim Panas

×

Cara Efektif Mengatasi Gigi Sensitif di Musim Panas

Share this article
Cara Efektif Mengatasi Gigi Sensitif di Musim Panas

Gigi sensitif dapat menjadi masalah yang mengganggu, terutama ketika Anda ingin menikmati berbagai makanan di musim panas. Meskipun banyak pasta gigi untuk gigi sensitif yang mengandung nitrat atau fluoride, disarankan untuk memilih pasta gigi dengan bahan alami.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi sensitivitas gigi dan tetap menikmati musim panas:

Pilih Pasta Gigi dengan Bahan Alami

Pasta gigi berbahan alami seperti tanah liat bentonit, cengkeh, propolis, dan daun jambu biji dapat membantu mengurangi sensitivitas gigi. Bahan-bahan ini juga mengurangi kemungkinan efek samping yang terkait dengan bahan kimia.

Gunakan Benang Gigi

Melakukan pembersihan gigi dengan benang gigi setiap hari membantu menghilangkan plak dan bakteri, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesehatan gusi dan mengurangi sensitivitas.

Minum Banyak Air

Air membantu membersihkan partikel makanan dan mengencerkan efek minuman asam atau manis, yang dapat memicu sensitivitas gigi.

Konsumsi Produk Susu

Produk susu seperti yogurt dan keju kaya kalsium yang penting untuk kesehatan gigi.

Gunakan Obat Kumur Non-Alkohol

Obat kumur non-alkohol atau herbal dapat memberikan perlindungan tambahan pada email gigi.

Perhatikan Pola Makan

Makan dengan penuh kesadaran dan nikmati kudapan secukupnya, serta berkumur setelah makan.

Untuk menghindari sensitivitas, penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan mulut secara teratur dan menggunakan pasta gigi desensitisasi, yang dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat sensitivitas gigi.

Perawatan lainnya untuk mencegah gigi sensitif adalah menjalani perawatan saluran akar, menggunakan sikat gigi berbulu lembut dengan gerakan lembut, cangkok gusi untuk menutupi permukaan akar yang terbuka, dan mengenakan pelindung gigi untuk orang yang memiliki kebiasaan menggeretakkan gigi.

Seseorang juga harus menghindari makanan asam dan banyak minum air setelah memakannya untuk menyeimbangkan kadar asam dalam mulut.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *