BeritaOtomotif

Bukan Teknologi Baru, CVT Elektronik NMAX Turbo Sudah Ada Sejak 2002

×

Bukan Teknologi Baru, CVT Elektronik NMAX Turbo Sudah Ada Sejak 2002

Share this article
Bukan Teknologi Baru, CVT Elektronik NMAX Turbo Sudah Ada Sejak 2002

JAKARTA – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru saja meluncurkan Yamaha NMAX Turbo dengan pembaruan fitur yang canggih.

Salah satu yang menarik adalah perubahan dari sektor transmisi, di mana NMAX Turbo kini menggunakan teknologi baru di kelasnya, yaitu Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT).

Teknologi YECVT menghilangkan kebutuhan akan fungsi roller pada CVT konvensional. Proses penggerakan puli primer kini digantikan oleh motor penggerak yang memungkinkan perpindahan gigi disesuaikan sesuai keinginan pengendara.


Saklar kiri Yamaha NMAX Turbo

Untuk merasakan sensasi ‘turbo’ pada skutik ini, pengendara dapat memilih antara 2 Ride Mode, yaitu T-Mode (Town Commuting) dan S-Mode (Sport Touring).

Kedua mode berkendara ini dapat diaktifkan melalui tombol ‘Mode’ yang terletak di bagian depan setang kemudi kiri.

Fitur YECVT menjadi lebih praktis dengan adanya Y-Shift di setang sebelah kiri yang memiliki tiga tingkatan, yaitu Low (1), Medium (2), dan High (3).

Hal ini membuat fitur tersebut ideal untuk digunakan saat mendahului kendaraan di depan, melewati tanjakan, atau saat berkendara berboncengan.

Menariknya, bukan hanya saat akselerasi, Y-Shift juga dapat digunakan untuk deselerasi ketika menghadapi jalanan menurun atau saat memasuki tikungan.

Namun, perlu dicatat bahwa fitur YECVT atau CVT elektronik ini sebenarnya bukanlah teknologi baru; Yamaha telah memiliki fitur ini sejak 2007.

Yamaha Majesty 250 jadi skutik pertama Yamaha yang menerapkan teknologi CVT Elektronik
Yamaha Majesty 250 jadi skutik pertama Yamaha yang menerapkan teknologi CVT Elektronik

Majesty 250 diakui sebagai skutik pertama yang menerapkan CVT elektronik. Transmisi otomatis pada motor ini dapat dikontrol secara elektronik melalui “YCC-AT”, di mana pengendara bisa memilih antara Assist Mode 1 atau Assist Mode 2.

Assist Mode 1 menjaga RPM mesin tetap tinggi supaya sepeda motor lebih gesit, sedangkan Assist Mode 2 dirancang untuk mencapai topspeed yang lebih tinggi.

Suzuki Skywave 650 jadi skutik pertama di dunia yang menerapkan teknologi CVT Elektronik
Suzuki Skywave 650 jadi skutik pertama di dunia yang menerapkan teknologi CVT Elektronik

Sebelum Majesty 250, ternyata ada Suzuki Skywave 650 yang menjadi motor pertama di dunia dengan sistem CVT elektronik. Skywave 650 telah memiliki dua pola perpindahan gigi otomatis sejak 2002.

Fitur ini juga memiliki mode perpindahan manual dengan 5 percepatan, memungkinkan performa yang lebih sporty dan pilihan sesuai kebutuhan (Mode Daya dan Mode Normal).

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *