BeritaTeknologi

Bocoran Spesifikasi iPhone 17 Pro Max, Punya RAM Besar untuk AI?

×

Bocoran Spesifikasi iPhone 17 Pro Max, Punya RAM Besar untuk AI?

Share this article
Bocoran Spesifikasi iPhone 17 Pro Max, Punya RAM Besar untuk AI?

Apple dilaporkan sedang mempersiapkan peluncuran ponsel iPhone 17 series yang direncanakan pada tahun 2025. Meskipun belum ada konfirmasi resmi mengenai kehadirannya, sejumlah spesifikasi iPhone 17 telah bocor di media sosial.

Salah satu spesifikasi yang terungkap adalah kapasitas RAM. Konon, iPhone 17 Pro Max akan dilengkapi dengan RAM 12 GB, sementara iPhone 17, 17 Pro, dan 17 Slim kabarnya akan memiliki RAM 8 GB, sama seperti iPhone SE generasi keempat.

Bocoran ini berasal dari analis terkenal, Ming-Chi Kuo, yang membagikannya di media sosial X (dulu Twitter).

“Di antara model-model baru iPhone yang akan dirilis pada tahun 2025, hanya iPhone 17 Pro Max yang akan hadir dengan RAM 12 GB,” tulis Kuo.

Klaim Kuo ini bertentangan dengan rumor sebelumnya yang beredar di forum Weibo, yang menyatakan bahwa semua model iPhone 17 akan memiliki RAM 12 GB. Dengan demikian, kapasitas RAM ini meningkat dari 8 GB di iPhone 16 series.

Dari kapasitas RAM ini, ada kemungkinan Apple akan menghadirkan kemampuan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) on-device sebagai salah satu nilai jual utama iPhone 17 Pro Max. Apple pernah memperkenalkan teknologi AI bernama Apple Intelligence.

Apple Intelligence merupakan serangkaian fitur kecerdasan buatan generatif (generative AI), yang memungkinkan pengguna menulis dan merangkum teks dengan bantuan AI, membuat gambar dan emoji, serta meningkatkan kinerja asisten virtual Siri.

Jumlah minimum RAM yang diperlukan untuk menjalankan Apple Intelligence adalah 8 GB. Dengan kapasitas RAM 12 GB yang dimiliki iPhone 17 Pro Max, diharapkan dapat menjalankan Apple Intelligence dengan lebih optimal.

Kuo juga menyatakan bahwa iPhone 17 Pro Max akan mendapatkan peningkatan sistem pendingin, yang menggabungkan teknologi ruang uap (vapor chamber) dengan lembaran grafit.

Sementara itu, model iPhone 17 di luar Pro Max hanya akan menggunakan lembaran grafit, sama seperti namanya di iPhone 16 series.

Lembaran grafit adalah produk manajemen termal yang berfungsi sebagai penyebar panas, guna meningkatkan perpindahan panas dari sumber panas (heat source) ke pembuang panas (heat sink).

Kuo juga menjelaskan bahwa model Pro Max menyumbang hampir 40 persen dari total penjualan iPhone.

Ini menunjukkan bahwa model “Pro Max” merupakan produk utama dalam menciptakan pendapatan dan laba bagi perusahaan. Oleh karena itu, strategi Apple untuk menjaga spesifikasi terbaik pada model Pro Max kemungkinan akan terus berlanjut.

Bocoran spesifikasi iPhone 17 juga disebarkan oleh tipster gadget Ice Universe di forum Weibo.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *