BeritaKesehatan

Biaya Program Bayi Tabung di Penang vs Jakarta, Mana Lebih Murah?

×

Biaya Program Bayi Tabung di Penang vs Jakarta, Mana Lebih Murah?

Share this article
Biaya Program Bayi Tabung di Penang vs Jakarta, Mana Lebih Murah?

Bayi tabung menjadi solusi sulitnya memiliki keturunan. Sejumlah figur publik telah membuktikan bahwa cara ini efektif untuk melahirkan buah hati tercinta. Jika bukan di Jakarta, orang-orang Indonesia biasanya melawat ke Penang, Malaysia untuk memulai program memiliki anak ini. Namun, apabila dikalkulasi, mana yang lebih mahal, biaya program bayi tabung di Penang vs Jakarta?

Menurut berbagai sumber, jika Anda memilih Penang sebagai destinasi program bayi tabung, maka bersiaplah dengan budget Rp40 – Rp50 juta. Biaya ini tergolong rendah karena pemerintah Malaysia memang menerapkan subsidi khusus dan pembatasan tarif yang ketat untuk program bayi tabung.

Di samping itu, pasien biasanya berobat sekaligus liburan. Pastikan Anda memiliki biaya tambahan untuk menutupi tindakan medis serta untuk perjalanan dan liburan.

Sejumlah rumah sakit yang direkomendasikan untuk tindakan bayi tabung ini antara lain Genesis IVF Penang, Island Hospital Penang, dan Loh Guan Lye Specialist Centre.

Walaupun tempat-tempat tersebut memiliki reputasi baik dalam menangani klien bayi tabung, tetap saja tidak ada jaminan berhasil seratus persen. Tindakan bayi tabung di mana pun tetap memiliki kemungkinan untuk gagal.

Jika Anda memilih untuk melakukan tindakan di Indonesia, salah satu rumah sakit yang menawarkan biaya bayi tabung adalah Ciputra IVF di Jakarta Barat. Total budget yang harus disiapkan adalah sekitar Rp72 juta. Biaya ini belum termasuk tambahan jika ada kasus khusus yang membutuhkan perlakuan atau obat tambahan.

Klinik ini hanya satu dari sekian banyak pilihan klinik yang menyediakan layanan bayi tabung di Jakarta. Alternatif lainnya termasuk Morula IVF atau RSAB Harapan Kita yang juga terletak di Jakarta Barat.

Menurut informasi dari Morula IVF, klinik ini menjadi rujukan dalam program bayi tabung di Indonesia. Mereka menyebutkan satu dari dua bayi tabung yang lahir di Indonesia berasal dari Morula IVF.

Mari bergabung bersama banyak survivors IVF dan selebriti terkemuka yang telah berhasil melakukan program IVF di Indonesia dan mewujudkan mimpi untuk memiliki buah hati.

Biaya program bayi tabung di Morula IVF diperkirakan mulai dari Rp90 juta per proses. Sementara, di rumah sakit lain, seperti RSU dr Sardjito melalui Klinik Permata Hati, menawarkan biaya antara Rp60 juta hingga Rp90 juta, tergantung pada kompleksitas yang dialami oleh pasien.

Rata-rata rumah sakit atau klinik menawarkan harga total dari pra-perawatan hingga perlakuan sel telur berkisar Rp50 juta hingga Rp100 juta, tergantung kondisi pasien.

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *