BeritaOtomotif

Biasakan Selalu Mengocok Pedal Rem Mobil Sebelum Berkendara

×

Biasakan Selalu Mengocok Pedal Rem Mobil Sebelum Berkendara

Share this article
Biasakan Selalu Mengocok Pedal Rem Mobil Sebelum Berkendara

KLATEN – Pedal rem adalah perangkat yang mentransfer tenaga pengereman dari kaki pengemudi ke komponen rem, hingga akhirnya sampai ke masing-masing roda mobil.

Performa rem pada mobil dapat dirasakan oleh pengemudi, oleh karena itu penting untuk mengujinya sebelum berkendara.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan bahwa pengemudi perlu membiasakan diri untuk mengocok pedal rem sebelum berkendara.

“Dengan menginjak pedal rem beberapa kali, maka akan ketahuan performa sistem rem baik atau tidak, sehingga ketika terjadi masalah rem tidak dalam kondisi melaju di jalan raya,” ucap Hardi.

Hardi menjelaskan bahwa tidak semua masalah rem akan memunculkan nyala lampu indikator di layar informasi (MID).

“Misalnya, jika rem ngempos, maka pedal akan terasa lebih dalam atau amblas, sedangkan jika booster rem bermasalah maka pedal tetap keras, meskipun mesin sudah hidup,” jelas Hardi.

cdnus.global.com Karet pelindung debu atau dust boot rawa sobek

Selain meminimalisasi risiko rem blong, menurut Hardi, tingkat ketinggian pedal rem pada setiap mobil mungkin berbeda. Sehingga, pengemudi perlu mengetahui batas kampas rem saat menyentuh cakram.

“Dengan memahami ketinggian pedal rem ketika kampas bersentuhan dengan cakram, pengemudi dapat memperkirakan kapan pengereman harus dimulai sesuai dengan seberapa dalam menginjak rem,” kata Hardi.

Hardi menambahkan bahwa pengereman perlu dilakukan dengan menginjak pedal rem secara perlahan agar penumpang tetap merasa nyaman dan tidak membahayakan pengendara lain di belakang.

Jadi, pengemudi perlu membiasakan diri untuk mengocok pedal rem sebelum berkendara. Kebiasaan ini dapat mencegah risiko rem blong di jalan dan membantu penyesuaian pengereman yang lebih baik.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *