BeritaOtomotif

Berapa Lama Umur Ban Mobil jika Dipakai Harian?

×

Berapa Lama Umur Ban Mobil jika Dipakai Harian?

Share this article
Berapa Lama Umur Ban Mobil jika Dipakai Harian?

JAKARTA – Ban merupakan komponen yang langsung berhubungan dengan permukaan jalan. Ketika tapak ban sudah aus, pemilik diharapkan untuk segera mengganti ban baru tanpa menunda.

Dengan demikian, berapakah sebenarnya umur ban yang ideal?

Dunlop melakukan pengetesan ban mobil listrik menggunakan Hyundai Ioniq 5Dok. Dunlop Indonesia Dunlop melakukan pengetesan ban mobil listrik menggunakan Hyundai Ioniq 5

Bagus Raditya, Supervisor Trijaya Ban 83, di Otista, Jakarta Timur, menjelaskan bahwa umur ban biasanya dihitung berdasarkan jarak tempuh dalam kilometer.

“Rata-rata ban mobil bisa digunakan hingga 50.000 Km, yang berarti sekitar 4 tahun untuk penggunaan harian,” ujarnya saat ditemui di Jakarta baru-baru ini.

Namun, angka tersebut hanya merupakan angka ideal. Di lapangan, umur ban bisa bervariasi, mungkin di bawah atau bahkan di atas angka tersebut, tergantung pada cara penggunaan.

“Itu juga tergantung pada perawatan, seperti tekanan udara, balancing, serta tempat penyimpanan yang mempengaruhi umur ban,” lanjutnya.

Ban mobil Bridgestone hadir di GIIAS 2024Dok. Bridgestone Ban mobil Bridgestone hadir di GIIAS 2024

“Ada kalanya kami melihat ban yang bisa mencapai 120.000 Km sebelum diganti, tetapi ini terjadi jika perawatannya baik, dan saat itu mobilnya masih dalam kondisi optimal,” kata Adit.

Adit juga menekankan bahwa banyak faktor yang mempengaruhi umur ban, bukan hanya dari perawatan, tetapi juga dari cara berkendara dan jenis lintasan yang sering dilalui oleh pemilik mobil.

“Semua itu berpengaruh terhadap umur ban,” tambahnya.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *