BeritaOtomotif

Belajar Sejarah Jip, Terlahir Sebagai Kendaraan Militer

×

Belajar Sejarah Jip, Terlahir Sebagai Kendaraan Militer

Share this article
Belajar Sejarah Jip, Terlahir Sebagai Kendaraan Militer

JAKARTA – Sebelum istilah Sport Utility Vehicle (SUV) dikenal, mobil yang mampu digunakan di berbagai medan dikenal sebagai jip. Di masa lalu, jip yang berasal dari kata Jeep ini identik dengan kendaraan militer.

Menurut buku “Sejarah Mobil & Kisah Kehadiran Mobil di Negeri Ini,” karya James Luhulima, jip memang pertama kali diperuntukkan bagi keperluan militer dan dirancang untuk mampu menghadapi medan yang berat.


Foto: Autoevolution Pada tahun 1937, Mercedez-Benz mengeluarkan Mercy G5 yang merupakan kendaraan berpengerak 4×4.

Menariknya, ketika orang menyebut jip, mereka biasanya merujuk pada jip Willys buatan Amerika Serikat yang pertama kali muncul pada tahun 1941.

Walaupun Willys sering dianggap sebagai jip yang digunakan dalam perang pertama di dunia, pada dua tahun sebelumnya, tepatnya tahun 1937, Jerman sudah memiliki dua model mobil yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan perang.


Willys Owners Indonesia (WOI)

Di tahun yang sama, BMW juga meluncurkan model BMW 325. Bentuk dan spesifikasinya mirip dengan Mercy G5, namun BMW menggunakan mesin 6-silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 50 Tk.

Pada tahun 1939, setelah dimulainya Perang Dunia II, Mercy G5 digunakan oleh Nazi Jerman setelah menyerbu Cekoslovakia, bersama dengan kendaraan perang lainnya yang diproduksi oleh pabrikan Jerman, seperti KdF Wagen Type 92.

Kemiripan antara Mercy G5 dan BMW 325 bukan tanpa alasan, karena pada tahun tersebut kedua pabrikan Jerman tersebut diperintahkan oleh Angkatan Darat Jerman untuk membuat kendaraan 4×4 yang seragam.

Willys Owners Indonesia (WOI)
Willys Owners Indonesia (WOI)

Sejarah mencatat bahwa Mercy pertama kali menciptakan jip, atau mobil lintas alam, pada tahun 1926 yang dinamakan Mercy G1. Kendaraan tersebut memiliki desain mirip truk dengan enam roda. Pada tahun 1933, kendaraan ini dikembangkan menjadi Mercy G4.

Dari G4, Mercy kemudian meluncurkan Mercy G5 dengan desain yang lebih baik serta spesifikasi yang memenuhi syarat untuk kendaraan perang.

Kekalahan Jerman dalam Perang Dunia II pada tahun 1945 menghentikan produksi jip di negara tersebut. Sebaliknya, peran Amerika Serikat dalam perang tersebut membantu mengangkat nama Willys di seluruh dunia, di mana kendaraan ini digunakan oleh pasukan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *