BeritaOtomotif

Begini Teknik Menyalip yang Benar Pakai Sepeda Motor

×

Begini Teknik Menyalip yang Benar Pakai Sepeda Motor

Share this article
Begini Teknik Menyalip yang Benar Pakai Sepeda Motor

JAKARTA – Berkendara menggunakan sepeda motor pada jam sibuk dapat menjadi pengalaman yang melelahkan, baik dari segi fisik maupun psikologis. Pengendara tidak bisa sembarangan menyalip untuk mempercepat perjalanan.

Agus Sani, Kepala Promosi Keselamatan Berkendara dari PT Wahana Makmur Sejati, mengimbau para pengendara untuk tetap bersabar dalam berbagai kondisi.


Dok. Wahana Honda ilustrasi berkendara saat menyalip

“Jadi, jangan sembarangan mendahului, baik di jalan yang sepi maupun padat. Ada faktor teknis dan non-teknis yang harus selalu diperhatikan,” ungkap Agus dalam keterangan resmi (28/8/2024).

“Aspek ini menjadi perhatian penting bagi para pengguna sepeda motor untuk menghindari berbagai kendala serta kemungkinan buruk yang dapat terjadi di jalan,” tambahnya.

Agus juga mengingatkan pengendara untuk selalu mematuhi aturan rambu lalu lintas yang berlaku.

Selain itu, pengguna motor harus memperhatikan kelengkapan berkendara seperti menggunakan helm, sarung tangan, jaket, serta membawa surat-surat berkendara.

Berikut adalah faktor teknis yang harus diperhatikan saat menyalip:

1. Gunakan lampu sein saat hendak mendahului sebagai penanda bagi pengendara yang berada di belakang kita. Jangan langsung memotong jalur, karena ini sangat berbahaya.

2. Periksa kondisi jalur sebelum menyalip. Jangan dipaksakan jika ruang terlalu sempit, terutama ketika jalanan sedang padat.

3. Jangan abaikan marka jalan. Pastikan untuk mendahului pada marka jalan terputus-putus, dan bukan pada marka jalan yang tidak terputus.

ilustrasi berkendara saat menyalip
Dok. Wahana Honda ilustrasi berkendara saat menyalip

Sementara itu, berikut adalah faktor non-teknis yang perlu diperhatikan saat menyalip:

1. Hindari melakukan manuver saat dalam kondisi emosi. Emosi dapat memengaruhi keputusan untuk menyalip dengan terburu-buru dan tanpa pertimbangan. Selalu lakukan saat kondisi tenang agar proses menyalip dapat berjalan dengan aman.

2. Tetap fokus saat berkendara. Perhatikan sekeliling dan pastikan pandangan selalu menghadap ke depan, sambil sesekali memeriksa spion untuk melihat kendaraan di belakang.

3. Pastikan kondisi fisik tidak dalam keadaan lelah. Kelelahan dapat mendorong pengendara untuk terburu-buru. Jika merasa lelah, segeralah menepi dan istirahat sejenak, karena kelelahan dapat mengurangi konsentrasi saat berkendara.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *