BeritaOtomotif

Begini Cara Belok Kanan Agar Tidak Kagok, Pemotor Pemula Wajib Paham

×

Begini Cara Belok Kanan Agar Tidak Kagok, Pemotor Pemula Wajib Paham

Share this article
Begini Cara Belok Kanan Agar Tidak Kagok, Pemotor Pemula Wajib Paham

JAKARTA – Untuk pemula, mengendarai sepeda motor memang memerlukan latihan. Biasanya, saat belok ke kanan, terasa lebih canggung dibandingkan saat belok ke kiri.

Penyebabnya adalah posisi gas yang berada di sebelah kanan, sehingga tangan harus menekuk ketika membelok ke kanan. Jika belum terbiasa, jari mungkin tidak bisa memegang gas sepenuhnya, dan tangan kiri tidak menarik rem dengan baik.


wahana Tips berkendara di tanjakan dengan skutik.

Agus Sani, Kepala Promosi Safety Riding Wahana, mengatakan bahwa jika tangan kanan tidak memegang gas sepenuhnya dan tangan kiri tidak menggenggam rem, ada risiko gas tertarik dan motor bisa kehilangan kendali.

“Tipsnya, saat akan belok ke kanan, pastikan tangan kiri siap pada rem belakang. Kemudian, arahkan pandangan ke depan untuk memastikan jalur yang akan dilalui aman,” kata Agus baru-baru ini.

Jika sudah memahami teknik dan tips tersebut, belok ke kanan di kondisi jalan apapun seharusnya bukan masalah. Biasanya, orang yang canggung adalah mereka yang belajar secara otodidak, sehingga hanya paham cara maju dan berhenti, tanpa memahami teknik seperti keseimbangan, zig-zag, dan putar balik.

“Gas dan rem adalah instrumen penting dalam mengendalikan kendaraan. Namun, keterampilan seperti keseimbangan, zig-zag, dan putar balik juga harus dikuasai,” lanjut Agus.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *