BeritaOtomotif

Bedah Sistem Radar di Ducati Multistrada V4 RS

×

Bedah Sistem Radar di Ducati Multistrada V4 RS

Share this article
Bedah Sistem Radar di Ducati Multistrada V4 RS

TANGERANG – Ducati Multistrada V4 menjadi sepeda motor petualang pertama yang dilengkapi dengan radar di bagian depan dan belakang. Versi terbarunya, V4 RS, juga sudah dilengkapi dengan dua radar tersebut.

Radar di bagian depan dipasang di tengah lampu utama, sementara radar di belakang terletak tepat di bawah lampu rem dan telah terintegrasi sehingga tidak terlalu terlihat.

Dengan adanya radar ini, motor ini memiliki fitur adaptive cruise control (ACC) dan blind spot detection, membawa teknologi yang biasa ditemukan di mobil ke dalam sepeda motor, termasuk Ducati Multistrada V4.

Dito Mulyawadi, Direktur Aftersales Ducati Indonesia, menjelaskan bahwa cara kerja kedua sistem tersebut mirip dengan yang ada di mobil.

“Sama saja seperti di mobil. Nanti dia akan gas dan rem sendiri mengikuti kendaraan yang ada di depan,” kata Dito di Tangerang baru-baru ini.

Untuk mengatur ACC, sangat mudah dilakukan dengan menggunakan tombol yang ada di sisi kiri setang. ACC hanya bisa diaktifkan saat kecepatan motor di atas 30 km/jam dan akan mati otomatis saat kecepatan di bawah 30 km/jam.

Fathan Ducati Multistrada V4 RS resmi meluncur di Indonesia

Dito menjelaskan bahwa sistem ACC akan mengikuti kecepatan kendaraan di depan. Dalam beberapa kondisi, pengendara harus turun dan naik gigi, dan semua indikatornya akan terlihat di layar instrumen.

“Jadi tinggal naik atau turunkan saja, kan sudah ada quick shifter (tidak perlu menarik kopling),” jelas Dito.

Sementara itu, untuk fitur blind spot detection, terdapat lampu LED pada bagian spion. Jika ada kendaraan yang masuk ke area blind spot, lampu LED akan menyala kuning sebagai peringatan.

Apabila motor masih membelok dan ada kendaraan di blind spot, lampu LED akan berkedip sebagai pengingat bahwa ada kendaraan tertentu. Ini menunjukkan bahwa cara kerjanya serupa dengan yang telah diterapkan di mobil.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *