BeritaTeknologi

Baterai iPhone 16 Bisa Diisi Lebih Cepat dari iPhone 15, tapi Enggak Gratis

×

Baterai iPhone 16 Bisa Diisi Lebih Cepat dari iPhone 15, tapi Enggak Gratis

Share this article
Baterai iPhone 16 Bisa Diisi Lebih Cepat dari iPhone 15, tapi Enggak Gratis

iPhone 16 Series dilengkapi dengan berbagai fitur baru, salah satunya adalah pengisian cepat (fast charging). Semua model iPhone terbaru kini mendukung teknologi pengisian cepat hingga 25 watt, meningkat dari 15 watt yang terdapat di iPhone 15 Series.

Namun, untuk dapat menikmati pengisian cepat ini, pengguna iPhone 16 Series perlu menggunakan aksesori khusus bernama MagSafe Charger yang dijual terpisah.

Apple

MagSafe Charger dihargai mulai dari 39 dolar AS (sekitar Rp 600.000), memungkinkan pengguna untuk melakukan pengisian nirkabel (wireless) dengan mudah. Teknologi ini memanfaatkan magnet MagSafe yang pertama kali diperkenalkan pada iPhone 12 Series.

Selain MagSafe Charger, pengguna juga memerlukan “kepala” atau adapter charger dari Apple dengan daya (output) minimal 30 watt. Aksesori ini dijual dengan harga yang sama dengan MagSafe Charger.

Kabel MagSafe Charger perlu dihubungkan ke 30W USB-C Power Adapter, yang kemudian dicolokkan ke power outlet, untuk dapat mengisi daya iPhone 16 Series secara wiresless hingga 25 watt.

Dengan demikian, pengguna diharuskan merogoh kocek sekitar Rp 1,2 juta hanya untuk menikmati fitur pengisian cepat 25 watt melalui teknologi MagSafe pada iPhone 16 Series.

Selanjutnya, apakah mungkin mengisi daya iPhone 16 Series dengan perangkat pengisian nirkabel lainnya? Ya, mungkin saja. Namun, kecepatan pengisian akan terbatas, yaitu 15 watt untuk teknologi Qi2 Wireless Charging dan 7,5 watt untuk teknologi Qi Wireless Charging.

Bagaimana dengan pengisian daya via kabel?

Beralih ke pengisian daya konvensional menggunakan kabel (wired) dan konektor USB-C, metode ini juga mendukung fast charging. Apple mengklaim bahwa iPhone 16 Series mampu terisi dari 0-50 persen dalam waktu sekitar 30 menit menggunakan USB-C.

Penting untuk diingat, pengalaman ini hanya dapat diperoleh jika pengguna memiliki adapter charger dengan output 20 watt atau lebih. Di situs resmi Apple, 20W USB-C Power Adapter dijual dengan harga 19 dolar AS (sekitar Rp 290.000).

Pengguna perlu menyediakan adapter charger sendiri untuk mengisi daya iPhone 16 Series, sebab Apple tidak menyertakan adapter charger dalam kemasan sejak iPhone 12 Series.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *