Untuk orangtua yang bekerja, khususnya ibu, membangun kedekatan dan kelekatan dengan anak sering kali menjadi tantangan. Namun, menciptakan bonding sangat penting untuk perkembangan anak di masa depan.
Psikolog anak dan remaja, Anastasia Satriyo, menjelaskan bahwa ada banyak cara untuk meningkatkan kualitas hubungan antara orangtua dan anak dalam kegiatan sehari-hari. Namun, ada tiga kunci yang perlu diperhatikan saat beraktivitas dengan anak.
Pertama, orangtua harus hadir secara fisik dan emosional saat menghabiskan waktu berkualitas dengan anak. Jadi, penting untuk meletakkan gadget, mengajak anak berbicara, dan mendengarkan pendapat mereka.
“Quality time sangat penting. Misalnya, setelah pulang kerja, realitanya kita benar-benar hadir di depan anak. Kedua, terkadang kita lupa, secara fisik ada di sini tetapi pikiran teralihkan ke hal lain,” ungkapnya saat acara peluncuran produk baru di Jakarta.
Selanjutnya, orangtua juga sebaiknya melakukan komunikasi reflektif saat anak beraktivitas, bukannya terus menerus memberikan kritik. Misalnya, saat anak sedang mewarnai, ungkapkan bahwa orangtua melihat apa yang sedang mereka lakukan.
“Misalnya saat anak ngecat, kita bisa bilang, ‘Ibu lihat kamu sedang nempelin warna biru ya.’ Ini hanya merefleksikan apa yang dia lakukan tanpa menghakimi. Merasa diperhatikan membuat mereka merasa berharga,” jelas Anastasia lebih lanjut.
Kunci ketiga adalah fokus pada koneksi, bukan koreksi. Orangtua sebaiknya menikmati momen dan mendengarkan apa yang ingin diceritakan anak.
“Momen bonding ini sangat penting. Kita hanya perlu menikmati waktu bersama, meskipun hanya 15 menit. Cukup lihat mereka bermain tanpa perlu banyak bicara,” sarannya.
Anastasia juga mengatakan, waktu berkualitas bisa dilakukan sambil melakukan kegiatan sederhana seperti menikmati camilan. Hal ini dapat membuat suasana menjadi lebih menyenangkan.
Walaupun hanya 5 menit, hal ini dapat memberikan rasa aman dan hangat bagi anak. Ini membantu anak mengelola emosi dan membentuk karakter positif mereka.
“Waktu singkat bukanlah penghalang, yang terpenting adalah bagaimana kita memberi makna pada momen sederhana tersebut untuk mendekatkan diri dengan anak,” jelasnya.
Memahami kebutuhan tersebut, URC Indonesia hadir dengan memberikan keceriaan di setiap gigitan produk berupa biskuit edisi spesial yang berkolaborasi dengan karakter Sanrio, sebagai bagian dari kampanye “That’s A Lexus Moment.”
Kolaborasi ini menghadirkan desain kemasan yang menampilkan karakter seperti Hello Kitty, My Melody, Keroppi, dan Bad Badtz-Maru, dengan harapan dapat menginspirasi lebih banyak momen bonding bermakna bagi ibu dan anak di Indonesia.
Karakter-karakter dari Sanrio, yang dikenal karena kecerian dan persahabatan, mencerminkan nilai-nilai penting dalam menciptakan momen-momen sederhana namun penuh makna dalam kehidupan sehari-hari.
Kolaborasi ini bukan hanya mempercantik kemasan, tetapi juga bagian dari misi untuk mempererat hubungan antara orangtua, khususnya ibu dan anak, melalui momen-momen kecil yang berkualitas yang dapat dikenang sepanjang hidup.
“Kami sangat senang dapat menghadirkan karakter-karakter ikonik dari Sanrio yang tidak hanya memberikan rasa nostalgia, tetapi juga disukai oleh anak-anak. Kami berharap biskuit ini dapat mempererat ikatan antara ibu dan anak,” tutup perwakilan dari URC Indonesia.