BeritaOtomotif

Bahaya Ganti Oli Tak Tepat Waktu, Picu Mesin Rusak Berat?

×

Bahaya Ganti Oli Tak Tepat Waktu, Picu Mesin Rusak Berat?

Share this article
Bahaya Ganti Oli Tak Tepat Waktu, Picu Mesin Rusak Berat?

Mengganti oli mesin secara rutin menjadi langkah krusial dalam menjaga performa kendaraan. Hal itu dinyatakan oleh seorang General Manager dari perusahaan pelumas.

Menurutnya, kelalaian dalam mengganti oli dapat mengakibatkan kerusakan serius pada mesin kendaraan. Dia menegaskan bahwa penggantian oli wajib dilakukan untuk memastikan pelumasan mesin bekerja optimal, menjaga kinerja, serta performa kendaraan.

“Penggantian oli merupakan suatu hal yang wajib dilakukan, mengingat pentingnya fungsi pelumasan di setiap mesin kendaraan. Hal itu terkait dengan kinerja dan performa kendaraan itu sendiri,” ujar General Manager tersebut, baru-baru ini.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa fungsi oli tidak hanya sebagai pelumas, tetapi juga melapisi komponen mesin, membersihkan sisa hasil pembakaran, meredam panas, mencegah korosi, dan mengurangi getaran pada komponen mesin.

Dia menekankan pentingnya mengganti oli pada interval yang disarankan, yakni setiap 5.000-10.000 km untuk mobil dan 3.000-4.000 km untuk motor, tergantung dari penggunaan.

Pemilihan jenis pelumas mesin juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Dia mengingatkan bahwa salah memilih oli dapat berdampak buruk pada kualitas dan performa mesin.

“Jika Anda asal pilih oli dan ternyata kualitasnya tidak bagus atau tidak sesuai dengan jenis kendaraan, akan menyebabkan kerusakan pada mesin sehingga performa kendaraan akan menurun,” jelasnya.

Untuk mobil keluaran baru, dianjurkan penggunaan oli dengan kekentalan yang lebih cair seperti 0W-20 atau 5W-30, sementara kendaraan tahun lama membutuhkan oli yang lebih kental seperti 20W-50 atau 10W-40.

Perusahaan pelumas tersebut menawarkan berbagai varian pelumas berkualitas, termasuk produk unggulan yang dilengkapi dengan teknologi aditif terbaru. Teknologi ini memberikan perlindungan maksimal hingga komponen terkecil pada mesin, menjadikan kendaraan minim getaran dan meningkatkan kenyamanan berkendara.

“Oli yang diproduksi dengan teknologi tinggi serta menggunakan base oil dan aditif pilihan, mampu memenuhi harapan setiap pemilik kendaraan guna memastikan kendaraan yang dipakainya akan memiliki performa terbaik,” tutupnya.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *