BeritaKesehatan

Asus Pamerkan Hardware PC Terbaru dan yang Akan Datang

×

Asus Pamerkan Hardware PC Terbaru dan yang Akan Datang

Share this article
Asus Pamerkan Hardware PC Terbaru dan yang Akan Datang

COMPUTEX 2024 – Dalam acara COMPUTEX 2024, terdapat pengumuman berbagai konsep serta inovasi terkini yang akan diluncurkan untuk pasar hardware PC. Ini termasuk PC AI, prototipe AMD dan Intel, dan solusi pendingin CPU terbaru.

Hardware PC AI

Dengan semakin banyak aplikasi dan fitur bertenaga AI yang hadir saat ini, para penggemar PC di seluruh dunia masih mencari hardware yang dapat menjalankan alat AI di PC AI secara lokal, sebagai alternatif dari layanan langganan berbasis cloud.

Di COMPUTEX 2024, ditunjukkan hardware PC yang dapat digunakan untuk menjelajahi masa depan revolusioner ini. PC AI adalah jawaban atas platform untuk fitur AI canggih tersebut, yang sekaligus merevolusi cara merakit, menyesuaikan, dan menggunakan perangkat sejenis.

Pengguna kini dapat merakit PC AI. Dalam tiga generasi terakhir kartu grafis, NVIDIA telah menghadirkan kemampuan AI dengan menciptakan tensor core khusus. Di generasi GPU GeForce RTX 40 series terbaru, juga tersedia hardware untuk akselerasi AI.

Beberapa produk dengan GPU GeForce RTX 40 series tersebut meliputi model seperti ASUS Dual GeForce RTX 4060 yang terjangkau hingga ROG Strix GeForce RTX 4090 yang terbaik. Di sisi AMD, tersedia juga kartu grafis Radeon RX 6000 series atau 7000 series yang siap digunakan untuk AI.

Produsen hardware ini telah menciptakan fondasi untuk PC AI dengan merilis beragam motherboard generasi terbaru. Motherboard terbaru memperkuat pengalaman pengguna melalui kontrol cerdas yang merespons data pemantauan secara real-time, memastikan hasil maksimal dari PC AI mereka setiap saat.

Motherboard seperti ROG Maximus Z790 Dark Hero dilengkapi berbagai fitur seperti AI Overclocking, DIMM Flex, AI Networking, AI Cooling II, dan Two-Way AI Noise Cancelation untuk memberikan performa optimal, pendinginan yang efisien, dan komunikasi yang jernih dengan pengaturan minimal.

Produk-produk ini juga mendukung DDR5 dan PCIe 5.0, memungkinkan pengguna untuk meningkatkan performa sistem dengan memori, drive penyimpanan, dan kartu grafis tercepat yang ada di pasar saat ini dan di masa depan.

DIY PC AI

Saat ini, hardware PC canggih bisa memberikan pengalaman yang memuaskan melalui aplikasi berbasis AI. Selama COMPUTEX 2024, ditunjukkan versi demo dari alat bantu berbasis AI yang dapat memandu proses perakitan.

Dengan antarmuka yang ramah pengguna, proses perakitan dimulai dengan memilih komponen yang diinginkan. Pengguna dapat menggunakan bahasa yang mereka pilih untuk meminta bantuan saat memilih komponen atau mencari alternatif komponen.

Alat bantu ini memberikan saran berdasarkan parameter yang diberikan oleh pengguna. Selama proses ini, alat juga secara otomatis memeriksa kompatibilitas komponen-komponen yang dipilih. Jika motherboard tidak cocok dengan chassis yang dipilih, pengguna akan mendapatkan masukan terkait hal ini.

Ketika saatnya merakit, alat ini akan memandu pengguna dengan menampilkan informasi penting dari dokumen relevan, memudahkan pengguna tanpa perlu membuka buku manual.

Motherboard Generasi Terbaru

Motherboard Next-Gen ROG Maximus Hero BTF.

Di COMPUTEX 2024, juga ditampilkan motherboard BTF ROG Maximus Hero generasi terbaru, yang akan mendukung prosesor Intel generasi terbaru seperti lini Arrow Lake. Motherboard ini diharapkan tersedia di paruh kedua tahun 2024.

Merupakan motherboard BTF, semua konektornya tersembunyi di bagian belakang board untuk menjaga penampilan tetap rapi. Selain itu, motherboard ini menawarkan slot kartu grafis berdaya tinggi untuk memasang kartu grafis BTF.

Motherboard ini juga dilengkapi fitur terbaru seperti PCIe Slot Q-Release Slim untuk menyederhanakan proses perakitan. Dengan mekanisme ini, pengguna tidak perlu melepaskan kait yang sulit dijangkau atau menekan tombol untuk melepaskan kartu grafis dari slot.

Pengguna cukup memiringkan kartu ke arah mekanisme penguncian untuk melepaskannya dari slot PCIe secara otomatis, membuat proses peningkatan dan perawatan kartu grafis menjadi lebih mudah.

Selain itu, motherboard X870 generasi berikutnya juga ditampilkan, siap mendukung prosesor desktop AMD Ryzen generasi terbaru. Motherboard ini tentunya mendukung overclocking CPU dan memori secara langsung.

Konsep dukungan multi-GPU sedang dikembangkan, seiring dengan peningkatan performa dari revolusi PC AI melalui aplikasi baru berbasis AI. Terlebih, motherboard ini akan dilengkapi dengan konektivitas ultra cepat.

Pengguna akan menemukan dukungan PCIe 5.0 x16, port Ethernet 2,5 Gbps, slot M.2 berkecepatan tinggi, dan dukungan USB4. Terlebih lagi, akan ada port USB Type-C dengan bandwidth tinggi pada panel I/O dan header Type-C di panel depan.

Produsen juga memperkenalkan modul memori CAMM2 generasi kedua, bekerja sama dengan mitra untuk menghasilkan produk ini. Modul ini menawarkan keunggulan yang dapat digunakan di PC desktop, memungkinkan lebih banyak komponen untuk dimuat dalam ruang motherboard yang lebih kecil.

Dengan chip DRAM terbaru, modul CAMM2 dapat mendukung kapasitas hingga 128 GB per modul, dan saat ini sedang dikerjakan motherboard ROG Z790 yang dapat mendukung CAMM2 dengan performa stabil hingga 8000 MHz.

Inovasi Pendinginan CPU

ProArt LC 360.
ProArt LC 360.

Prosesor kelas atas yang ada saat ini memerlukan daya besar untuk memberikan performa yang memuaskan. Pengguna memerlukan solusi pendinginan yang efisien untuk sistem mereka.

Pemilihan paling mudah untuk pendinginan adalah dengan menggunakan pendingin CPU cair AIO. Nama-nama besar telah meluncurkan pendingin AIO terbaru, ProArt dan ROG Strix, serta Prime LC series.

Setelah memperkenalkan ProArt LC 420, kini ada tambahan ProArt LC 360 dengan radiator 360 mm, dirancang khusus untuk para kreator konten dengan desain elegan dan kemampuan pendinginan mumpuni.

Seperti model sebelumnya, pendingin ini juga dilengkapi rumah pompa dengan indikator pencahayaan minimalis yang menunjukkan beban sistem, temperatur, dan kecepatan kipas secara real time. Motor tiga fase yang maju juga menjamin pendinginan yang efisien dan operasi senyap.

Tiga kipas Alphacool Apex Stealth Metal Power yang berwarna hitam melengkapi pendingin ini, menawarkan performa tinggi hingga 3000 RPM dengan tingkat kebisingan yang rendah.

Pendukung baru dengan teknologi terbaik juga dirilis untuk memberikan performa dan pendinginan terbaik. Dengan pilihan tampilan, pengguna dapat memilih antara model LCD yang menampilkan berbagai informasi sistem melalui aplikasi.

Desain baru ini juga memiliki banyak pilihan untuk tampilan dengan logo yang dapat diputar sesuai keinginan pengguna. Sementara model Prime LC 360 ARGB sudah terpasang dengan fitur-fitur yang membuat perakitan jadi lebih mudah.

Inovasi pendinginan terbaru juga terdapat di stan, menampilkan teknologi canggih yang siap memberikan performa dan efisiensi terbaik untuk pengguna.

Inovasi BTF di COMPUTEX 2024

Asus FF04 MOD.
Asus FF04 MOD.

Ekosistem BTF membuka banyak peluang baru dalam perakitan PC, mewakili desain konektor tersembunyi. Dua konsep baru ditampilkan pada stan, menunjukkan keunggulan inovasi ini dalam meningkatkan desain dan performa.

Konsep pertama adalah chassis ROG Z22 ITX, mengadopsi tampilan kartu grafis BTF untuk memudahkan penggantian dan pendinginan. Konsep kedua, FF04 Pro MOD, adalah desktop kompak yang tetap menawarkan performa tinggi dengan desain yang pintar untuk pembuangan panas.

Desain modular menghadirkan integrasi sempurna antara performa dan gaya, sekaligus menyederhanakan aspek perakitan dengan penggunaannya yang ramah.

Perakitan PC Lebih Mudah dengan Form Factor Kecil

ASUS PRIME RTX4070S.
ASUS PRIME RTX4070S.

Semakin banyak perakit yang menyukai pengalaman merakit PC dalam chassis SFF yang ringkas. Pedoman dari NVIDIA membantu pengguna dalam memilih komponen yang kompatibel untuk perakitan SFF yang efisien.

Berbagai kartu grafis GeForce RTX 40 Series telah disesuaikan dengan pedoman SFF-Ready, memastikan performa membuat suhu dan suara kipas tetap rendah.

Di COMPUTEX 2024, ditampilkan dua rakitan SFF. Salah satu di antaranya menggunakan kartu grafis Prime GeForce RTX 4070 SUPER, sedangkan yang lain didesain untuk motherboard ProArt GeForce RTX 4080 SUPER dalam rakitan Mini-ITX.

Desain casing hasil modifikasi telah berhasil menggabungkan performa dan penampilan dengan aliran udara pintar untuk CPU dan GPU. Dengan proses instalasi kreatif, perakitan pun jadi lebih sederhana.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *