BeritaTeknologi

Apple Perkenalkan Chip A18 dan A18 Pro, Ini Kemampuannya

×

Apple Perkenalkan Chip A18 dan A18 Pro, Ini Kemampuannya

Share this article
Apple Perkenalkan Chip A18 dan A18 Pro, Ini Kemampuannya

Apple Event – Apple menggelar acara “It’s Glowtime” pada Senin (9/9/2024) waktu Amerika Serikat atau Selasa (10/9/2024) dini hari waktu Indonesia.

Dalam acara ini, Apple meluncurkan empat model dari iPhone 16 series, yaitu iPhone 16 “reguler”, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max.

iPhone 16 reguler dan Plus ditenagai oleh chipset terbaru Apple A18, sementara iPhone 16 Pro dan Pro Max menggunakan System-on-Chip (SoC) yang lebih canggih yakni Apple A18 Pro.

Ini menandakan bahwa penggunaan chipset baru kembali diterapkan pada model reguler dan Plus setelah sebelumnya hanya terdapat pada model Pro dan Pro Max di seri iPhone 14 dan iPhone 15.

Ada kemungkinan kehadiran chipset baru ini berhubungan dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) terbaru yang dikenal dengan Apple Intelligence.

Apple Intelligence sendiri menawarkan fitur kecerdasan buatan generatif (generative AI), memungkinkan pengguna untuk menulis dan meringkas teks, membuat gambar dan emoji, serta menghadirkan asisten virtual Siri yang lebih pintar. Fitur ini tidak tersedia di chip A16 Bionic pada iPhone 15 dan iPhone 15 Plus.

Chip Apple A18 Pro


GSMArena Spesifikasi chip Apple A18 Pro yang menenagai iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max.

Chipset Apple A18 Pro dibuat dengan proses fabrikasi 3 nm, menggunakan teknologi manufaktur generasi kedua yang lebih efisien. System-on-Chip ini termasuk unit pengolahan pusat (CPU) yang diklaim paling kuat dibandingkan smartphone lainnya.

CPU ini memiliki enam inti (core), terdiri dari dua core performa dan empat core hemat daya, yang lebih cepat 15 persen dibandingkan chip A17 Pro di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, serta 20 persen lebih efisien dalam penggunaan daya.

Untuk unit pengolah grafis (GPU), A18 Pro menggunakan arsitektur kelas desktop dan lebih cepat 20 persen dibandingkan pendahulunya. GPU ini juga mampu menjalankan tugas ray tracing dua kali lebih cepat.

Ray tracing adalah teknik rendering tiga dimensi (3D) yang visualisasikan refleksi cahaya dan efek sinematik secara real-time dalam permainan, membuat tampilan cahaya terlihat lebih memukau.

Chip A18 Pro juga menyediakan bandwidth memori yang lebih baik dan ukuran cache yang lebih besar.

Fitur Advanced Media memungkinkan dukungan layar ProMotion, Always-on-Display (AoD), kecepatan USB-C yang lebih baik, dan perekaman video ProRes, semuanya tidak tersedia pada модель reguler dan Plus.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *