BeritaKesehatan

Apakah Sawo Boleh untuk Diabetes? Berikut Penjelasannya…

×

Apakah Sawo Boleh untuk Diabetes? Berikut Penjelasannya…

Share this article
Apakah Sawo Boleh untuk Diabetes? Berikut Penjelasannya…

Buah sawo dikenal memiliki rasa manis yang menyegarkan. Namun, banyak yang bertanya, apakah sawo aman untuk penderita diabetes?

Diabetes sebaiknya berhati-hati karena sawo mengandung gula yang cukup tinggi.

Meski demikian, penderita diabetes masih bisa menikmati buah sawo sesekali asalkan memperhatikan asupan makanan lainnya.

Untuk lebih memahami seputar sawo dan diabetes, simak penjelasan berikut.

Sawo merupakan buah yang kaya akan kandungan gula dan karbohidrat alami.

Kandungan gula dalam 100 gram buah sawo mencapai sekitar 7 gram, setara dengan 1,5 sendok teh gula pasir. Sementara itu, kalori pada buah sawo sekitar 80 per 100 gram.

Meskipun sawo mengandung gula tinggi, buah ini masih dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes jika tidak berlebihan dan dikonsumsi pada waktu yang tepat.

Menariknya, sawo kaya akan serat yang baik untuk mengontrol kadar gula darah.

Serat dapat memperlambat proses metabolisme atau konversi karbohidrat menjadi glukosa, sehingga kadar gula darah dapat lebih terjaga.

Serat yang ada pada sawo juga membantu mempertahankan rasa kenyang.

Ini penting untuk mencegah makan berlebihan, sehingga penderita diabetes dapat mengontrol berat badan dan mencegah komplikasi yang tidak diinginkan.

Selain serat, sawo juga mengandung vitamin A dan C dalam jumlah yang signifikan. Kedua vitamin ini berperan penting dalam mengatasi peradangan pada penderita diabetes.

Peradangan dapat mempengaruhi sendi, otot, atau jaringan lemak berlebih, serta memicu masalah pada gigi dan mulut bagi pengidap diabetes.

Jika ingin menikmati sawo, penderita diabetes sebaiknya membatasi asupan gula dari sumber lain untuk menghindari peningkatan kadar glukosa.

Contohnya, jika pada hari tersebut penderita diabetes sudah mengonsumsi sawo, disarankan untuk menghindari buah- buahan yang tinggi gula lainnya atau mengurangi porsi nasi putih.

Penderita diabetes juga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui jumlah sawo yang aman untuk dikonsumsi.

Apa manfaat buah sawo bagi kesehatan?

Buah sawo sering digunakan dalam pengobatan alternatif untuk berbagai masalah kesehatan, seperti:

  • Radang sendi
  • Reumatik
  • Asam urat
  • Bisul
  • Diare
  • Sembelit

Manfaat ini didapat dari berbagai nutrisi yang terkandung dalam sawo, seperti serat, kalsium, magnesium, folat, vitamin A, vitamin C, asam pantotenat, dan zat besi.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *