BeritaKesehatan

Apakah Boleh Makan Buah Pepaya Saat Perut Kosong? Ini Penjelasannya…

×

Apakah Boleh Makan Buah Pepaya Saat Perut Kosong? Ini Penjelasannya…

Share this article
Apakah Boleh Makan Buah Pepaya Saat Perut Kosong? Ini Penjelasannya…

Pepaya mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi, sehingga baik untuk kesehatan. Namun, apakah aman mengonsumsi buah pepaya saat perut kosong?

Umumnya, mengonsumsi pepaya saat perut kosong aman dan memberikan manfaat kesehatan, seperti membantu melancarkan pencernaan, meningkatkan penyerapan nutrisi, serta menyeimbangkan kadar gula darah.

Namun, bagi penderita diabetes, mengonsumsi pepaya di pagi hari saat perut kosong bisa meningkatkan kadar gula darah, sehingga sebaiknya dihindari.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat mengonsumsi buah pepaya dalam kondisi perut kosong.

Apakah boleh mengonsumsi buah pepaya saat perut kosong?

Secara umum, mengonsumsi buah pepaya saat perut kosong cenderung aman dan dapat berdampak positif bagi kesehatan, termasuk mendukung pencernaan dan membantu menjaga keseimbangan kadar gula darah.

Berdasarkan informasi dari PharmEasy, mengonsumsi buah di pagi hari, termasuk pepaya, dapat dicerna dengan baik dan diubah menjadi nutrisi penting yang menjaga kesehatan tubuh.

Bahkan, berbagai ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi buah di pagi hari saat perut kosong untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar, termasuk mineral dan vitamin dari buah tersebut.

Berdasarkan Hindustan Times, berikut adalah beberapa manfaat mengonsumsi buah pepaya saat perut kosong yang perlu diketahui.

  • Meningkatkan fungsi saluran cerna

Buah pepaya mengandung enzim alami bernama papain. Enzim ini bekerja lebih efektif ketika aktivitas pencernaan berkurang, seperti saat perut kosong, sehingga penyerapan protein meningkat dan dapat mencegah sembelit.

  • Meningkatkan penyerapan nutrisi oleh tubuh

Mengonsumsi buah pepaya saat perut kosong, atau setidaknya dua jam setelah makan, dapat meningkatkan penyerapan nutrisi oleh tubuh. Hal ini terjadi karena tidak ada makanan lain di dalam perut, sehingga sistem pencernaan dapat bekerja secara efektif untuk mengolah pepaya.

  • Mengeluarkan racun dari tubuh

Perut yang kosong dua jam setelah makan merupakan kondisi yang optimal untuk kerja sistem pencernaan. Dengan demikian, mengonsumsi pepaya saat perut kosong dapat membantu mengeluarkan kotoran dan racun dari dalam tubuh berkat kandungan serat di dalamnya.

  • Menyeimbangkan kadar gula darah

Mengonsumsi pepaya saat perut kosong, atau setidaknya dua jam setelah makan, dapat membantu mencegah peningkatan kadar gula darah.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *