BeritaKesehatan

Ancaman Mpox, Bagaimana Pencegahannya?

×

Ancaman Mpox, Bagaimana Pencegahannya?

Share this article
Ancaman Mpox, Bagaimana Pencegahannya?

MPOX (Monkeypox) atau cacar monyet adalah penyakit yang disebabkan oleh virus cacar monyet, yang serupa dengan virus penyebab cacar. Penyakit ini merupakan zoonosis, yang berarti dapat menyebar dari hewan ke hewan, namun kini telah menular ke manusia.

Awalnya mpox berasal dari Afrika dan sekarang telah menyebar hingga ke Asia Tenggara. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melaporkan telah ada 88 kasus konfirmasi mpox dari tahun 2022 hingga 2024.

Secara rinci, jumlah kasus tersebar di beberapa daerah, yaitu DKI Jakarta dengan 59 kasus, Jawa Barat 13 kasus, Banten 9 kasus, Jawa Timur 3 kasus, Daerah Istimewa Yogyakarta 3 kasus, dan Kepulauan Riau 1 kasus.

Gejala fisik yang muncul akibat mpox mencakup ruam atau lesi pada kulit (termasuk di tangan, wajah, kaki, area dada, dan kelamin). Selain itu, penderita juga mengalami demam, kelelahan, nyeri otot, sakit kepala, dan nyeri tulang.

Hingga saat ini, tidak ada laporan mengenai kasus kematian akibat mpox di Indonesia. Namun, baru-baru ini Thailand melaporkan adanya strain baru mpox yang berpotensi mematikan.

Mpox dapat menular antar manusia melalui kontak kulit dengan penderita, melalui hubungan seksual, dan juga melalui droplet saat batuk atau bersin. Data dari Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa penyebaran utama mpox saat ini terjadi melalui hubungan seksual di antara pria.

Selain itu, penularan mpox dapat terjadi dari hewan, misalnya melalui cakaran, gigitan, dan kontak langsung dengan darah atau cairan dari hewan yang terinfeksi virus mpox.

Selain itu, mpox juga bisa menular melalui penggunaan barang bersama dengan penderita mpox.

Bagaimana cara mencegah mpox?

Karena mpox disebabkan oleh virus, pencegahan dan penyembuhan penyakit ini sangat bergantung pada kekuatan sistem imun tubuh.

Berikut adalah cara-cara untuk mencegah penularan mpox:

1. Mengonsumsi makanan sehat

Asupan makanan bergizi akan mendukung kesehatan tubuh. Mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin C, vitamin B, vitamin E, vitamin K, vitamin D, serta mineral zinc, magnesium, dan zat besi sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Vitamin dan mineral tersebut tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan kulit, tetapi juga melindungi tubuh dari infeksi, termasuk mpox.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *