BeritaOtomotif

Amankah Cuci Mobil Pakai Sabun Cuci Piring?

×

Amankah Cuci Mobil Pakai Sabun Cuci Piring?

Share this article
Amankah Cuci Mobil Pakai Sabun Cuci Piring?

JAKARTA – Mencuci mobil di rumah sering kali menggunakan sabun yang ada, salah satunya adalah sabun cuci piring. Banyak yang beranggapan bahwa karena sabun ini efektif membersihkan lemak, maka aman untuk digunakan pada mobil. Namun, seberapa aman sebenarnya sabun cuci piring untuk mencuci mobil?


SHUTTERSTOCK/NEJRON PHOTO Ilustrasi mencuci mobil, usaha cuci kendaraan.

Verdi, pemilik bengkel poles Dinasti Polish di Jagakarsa, Jakarta, menyatakan bahwa mencuci mobil dengan sabun cuci piring yang bersifat food grade itu aman. Ia berpendapat bahwa jika sabun tersebut aman untuk piring yang digunakan manusia, maka seharusnya aman juga untuk bodi mobil.

“Dia aman karena food grade. Jika digunakan untuk mencuci piring dan dibilas bersih tanpa meninggalkan jejak, maka penggunaannya pada mobil juga tidak masalah. Namun, penggunaannya jangan berlebihan, cukup dengan busa yang dihasilkan,” kata Verdi.

Sementara itu, Christopher Sebastian, CEO Kabuki Auto Shop, memiliki pandangan yang berbeda. Ia menyatakan bahwa sabun cuci piring tidak dianjurkan untuk digunakan pada mobil.

“Piring dan cat mobil memiliki karakteristik yang berbeda dan membutuhkan metode pembersihan yang berbeda pula. Mencuci dengan sabun cuci piring dapat meningkatkan risiko pengikisan pada pernis cat mobil, yang berujung pada kekusaman dan korosi,” tambah Christopher.

Dia juga menjelaskan bahwa bahan kimia dalam sabun cuci piring bisa merusak lapisan coating jika mobil telah dilapisi. Oleh karena itu, jika dalam kondisi darurat, lebih baik menggunakan sabun lain yang lebih aman.

“Sebaiknya menggunakan sabun atau sampo bayi, karena itu adalah pilihan yang lebih lembut dan memiliki sedikit bahan kimia,” ungkapnya.

Dengan demikian, jika terpaksa menggunakan sabun cuci piring, pemilik mobil perlu mempersiapkan diri untuk risiko-risiko yang ada, karena sabun ini tidak dirancang khusus untuk mencuci mobil.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *