BeritaOtomotif

Alasan Pengendara Motor Wanita Kesulitan Saat Putar Balik

×

Alasan Pengendara Motor Wanita Kesulitan Saat Putar Balik

Share this article
Alasan Pengendara Motor Wanita Kesulitan Saat Putar Balik

JAKARTA – Baru-baru ini, media sosial dihebohkan dengan video yang menunjukkan sebuah ambulans terhalang oleh pengendara wanita yang ingin melakukan putar balik di salah satu jalan.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @memomedos, insiden ini bermula ketika seorang wanita yang mengendarai skuter matik besar bermaksud untuk berbalik arah di jalan tersebut.

Saat melakukan manuver tersebut, tas pengendara motor wanita itu terjatuh. Ia kemudian berhenti di tengah jalan untuk mengambil tasnya, sehingga menghalangi jalannya ambulans.

Ilustrasi menggunakan riding gear yang tepat.Ilham Karim Ilustrasi menggunakan riding gear yang tepat.

“Kalau kayak gini tahan dulu bu, jangan paksa masuk, nanti ketabrak menyalahkan ambulans,” kata sopir ambulans tersebut.

Berkaitan dengan masalah putar balik menggunakan motor, banyak ditemukan bahwa perempuan sering mengalami kesulitan saat melakukannya.

Agus Sani, Kepala Promosi Safety Riding Wahana, menjelaskan bahwa banyak perempuan yang mengalami kesulitan ketika melakukan putar balik karena ragu-ragu.

Mencoba trek kompetisi keselamatan berkendara AHM di Astra Honda Safety Riding Center, Delta mas, CIkarangAHM Mencoba trek kompetisi keselamatan berkendara AHM di Astra Honda Safety Riding Center, Delta mas, CIkarang.

Menurut Agus, kebanyakan pengendara kurang terampil karena belajar secara otodidak, hanya tahu cara mengoperasikan motor untuk maju lurus. Mereka jarang mempelajari teknik-teknik penting seperti pengereman, zig-zag, keseimbangan, dan putar balik.

Padahal, teknik-teknik tersebut sangat penting untuk berkendara di jalan raya, terutama di daerah yang padat.

“Selain itu, rata-rata pengendara wanita memiliki keterampilan yang lebih rendah saat berkendara. Ketakutan akan jatuh sering membuat mereka ragu saat melakukan manuver,” ujar Agus.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *