BeritaEntertainmentSelebritis

Alami Kekerasan Saat Demo, Iqbal Ramadhan Anak Orang Dekat Soeharto Sentil Gibran dan Kaesang

×

Alami Kekerasan Saat Demo, Iqbal Ramadhan Anak Orang Dekat Soeharto Sentil Gibran dan Kaesang

Share this article
Alami Kekerasan Saat Demo, Iqbal Ramadhan Anak Orang Dekat Soeharto Sentil Gibran dan Kaesang

Putra Moerdiono dan Machica Mochtar Bicara soal Dinasti Politik Jokowi

Di podcast Akbar Faizal Uncensored pada Senin (2/9/2024), aktivis muda Iqbal Ramadhan memberikan tanggapan terkait posisi politik dua anak Presiden Jokowi, yaitu Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep, serta menantunya, Bobby Nasution.

Menurut Iqbal, ketiga sosok tersebut tidak akan memiliki nama besar dalam dunia politik jika bukan karena keterkaitan mereka dengan Jokowi. Awalnya, Akbar mengajukan pertanyaan apakah ketiganya mewakili generasi muda atau tidak.

“Misalnya tentang Gibran dan Kaesang. Mungkin juga Bobby, ya menantunya. Apa yang menurutmu membuatmu merasa mereka belum atau tidak mewakili generasi muda dalam tanggung jawab publik yang selama ini kalian kritik?” tanya Akbar kepada Iqbal.

“Pertama, yang saya lihat, nama mereka tidak akan besar jika tidak ada nama bapak mereka yang berkuasa saat ini,” jelas Iqbal.

“Apalagi dua di antaranya sebagai walikota. Jelas, mereka mendapatkan anggaran besar dari pemerintah pusat untuk daerah,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Iqbal menyoroti kurangnya keterlibatan ketiga anggota keluarga Jokowi tersebut dalam mendengarkan aspirasi generasi muda. Ia mengacu pada demonstrasi yang telah terjadi.

“Pada demo tahun 2019 hingga 2024, tidak ada satu pun dari mereka yang menemui massa aksi, sedangkan yang berunjuk rasa adalah anak-anak muda, dan aspirasi mereka tentu perlu dipertimbangkan,” ungkap Iqbal.

Keluarga Jokowi di Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Instagram.@erinagudono)
Keluarga Jokowi di Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Instagram.@erinagudono)

Iqbal juga menilai tidak ada keberanian dari Gibran, Kaesang, maupun Bobby untuk berdialog dengan anak-anak muda yang protes.

“Saya melihat bahwa ketiga orang ini tidak berani bertemu dengan massa aksi untuk berdialog. Mereka mungkin bersama komunitas pemuda lain, tapi jika kita lihat lebih dalam, itu hanya tampak sebagai formalitas,” ujar Iqbal.

“Mereka tidak berani berjumpa dengan anak-anak muda yang memiliki pandangan berbeda dari mereka, sehingga mereka hanya menemui pemuda-pemuda yang sejalan dengan pandangan mereka,” tambah Iqbal.

Sebagai informasi, Iqbal Ramadhan menjadi viral setelah menjadi korban kekerasan aparat keamanan saat terlibat dalam aksi penolakan RUU Pilkada beberapa waktu lalu.

Iqbal Ramadhan adalah putra Moerdiono, seorang tokoh dekat dengan Presiden ke-2 Republik Indonesia, Soeharto, yang pernah menduduki posisi penting dalam pemerintahan Soeharto.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *