JAKARTA – Suzuki baru-baru ini memperkenalkan versi produksinya dari eVX, yang kini dikenal sebagai e Vitara. Mobil ini menjadi kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) pertama dari pabrikan Jepang tersebut.
Dikabarkan e Vitara akan mulai dijual di India pada bulan Maret 2025, setelah melakukan debut di Bharat Mobility Show yang akan diadakan pada Januari 2025.
Jika diluncurkan, e Vitara berpotensi menjadi rival bagi BYD Atto 3, yang sudah dipasarkan di beberapa negara, termasuk India dan Indonesia.
Untuk lebih memahami persaingan ini, mari kita bandingkan spesifikasi antara e Vitara dan BYD Atto 3.
Dalam hal dimensi, e Vitara memiliki panjang 4.275 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.635 mm, dengan jarak sumbu roda 2.700 mm serta ground clearance 180 mm. Sedangkan BYD Atto 3 memiliki dimensi panjang 4.455 mm, lebar 1.875 mm, dan tinggi 1.615 mm, dengan jarak sumbu roda 2.720 mm dan ground clearance 175 mm.
BYD Atto 3
Dengan kata lain, BYD Atto 3 sedikit lebih besar dibandingkan dengan e Vitara. Namun, e Vitara menawarkan ground clearance yang lebih tinggi dibandingkan dengan BYD Atto 3.
Membahas desain, e Vitara memiliki penampilan yang tangguh dengan bumper yang tebal dan bentuk bodi yang sedikit kotak. Kehadiran lampu LED daytime running tri-slash di bagian depan menyerupai versi konsep eVX. Selain itu, port pengisian daya berada di bagian depan, dekat dengan over fender yang menonjol.
Untuk bagian kaki-kaki, e Vitara menggunakan pelek berukuran 19 inci dengan profil ban 225/50 untuk versi All Wheel Drive (AWD), sedangkan untuk trim yang lebih rendah, menggunakan pelek berukuran 18 inci.
Desain eksterior BYD Atto 3 lebih konvensional dengan bahasa desain Dragon-face 3.0 pada bagian depannya, dengan gril minimalis dan logo BYD berwarna perak yang tampak sederhana. Lampu depan crystal LED menyipit dengan sein di atasnya, sementara air scoop besar di bagian bawah menambah kesan sporty pada mobil ini.
Dari sisi, tampak gaya crossover dengan atap yang lebih landai di bagian belakang. Di sektor kaki-kaki, digunakan pelek berukuran 17 inci dengan ban profil 215/70.
Suzuki e Vitara
Berlanjut ke interior, e Vitara terlihat modern dan futuristis dengan layar ganda yang model floating, terdiri dari panel instrument dan head unit. Konsol tengah dirancang dengan model mengambang berwarna hitam mengkilap.
Fitur lain yang ditawarkan e Vitara mencakup rem parkir elektronik, wireless charging, Apple CarPlay dan Android Auto, serta mode berkendara ‘Trail’ untuk versi AWD. SUV listrik dari Suzuki ini juga kemungkinan dilengkapi dengan ADAS seperti Adaptive Cruise Control dan Lane Keep Assist.
Sementara itu, Atto 3 memiliki kabin yang sporty dengan area dasbor dilengkapi dengan Instrument Digital Panel 5 inci untuk informasi berkendara, serta konsol tengah ramping dan kokoh dengan layar sentuh 15,6 inci yang dapat diputar secara vertikal maupun horizontal.
Kabin tampak mewah dan lapang berkat adanya panoramic sunroof, serta dilengkapi dengan enam speaker di sudut depan dan pintu belakang, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas audio.