BeritaKesehatan

Adab Dul Cium Tangan ke El Rumi dan Al Ghazali Dipuji, Ternyata Punya Manfaat Luar Biasa

×

Adab Dul Cium Tangan ke El Rumi dan Al Ghazali Dipuji, Ternyata Punya Manfaat Luar Biasa

Share this article
Adab Dul Cium Tangan ke El Rumi dan Al Ghazali Dipuji, Ternyata Punya Manfaat Luar Biasa

Publik baru-baru ini mengamati adab ketiga anak Ahmad Dhani dengan Maia Estianty, yaitu Al Ghazali, El Rumi, dan Dul Jaelani. Terutama perhatian diberikan kepada Dul yang menunjukkan rasa hormat kepada kedua kakaknya.

Meskipun usia mereka tidak terpaut jauh, Dul tetap menghormati kedua kakaknya.

Perilaku Dul tersebut baru-baru ini diungkap oleh sang kakak, El Rumi. Ia mengatakan bahwa adiknya selalu mencium tangannya setiap kali bertemu. “Si Dul kalau ketemu aku selalu cium tangan loh,” ungkap El Rumi dalam klip podcast yang baru-baru ini diunggah.

“Karena Dul cium tangan ke aku, aku jadi cium tangan juga ke kakak Al,” candanya.

Dul menjelaskan bahwa ia melakukannya sebagai bentuk penghormatan kepada kakak-kakaknya. Putra ketiga Ahmad Dhani ini terinspirasi dari kebiasaan sang ayah. “Ya ini aja kan status ini adek, kebiasaan lihat ayah sih. Ayah kan sering cium tangan gitu kalau ketemu siapa, jadi secara enggak sadar kebawa aja itu,” kata Dul.

Kebiasaan Dul ini pun mendapatkan apresiasi dari publik, dan tidak sedikit yang memberikan pujian.

Secara psikologi, kebiasaan mencium tangan atau salim sejak kecil ternyata memiliki banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat salim yang dirangkum dari Instagram Sahabat Keluarga Kemendikbud.

Manfaat Salim atau Cium Tangan

1. Memupuk Rasa Hormat kepada Orang Tua

Membiasakan mencium tangan sejak kecil kepada orang tua membawa banyak manfaat. Salah satunya adalah menumbuhkan rasa hormat. Sebenarnya, tidak hanya kepada orang tua, mencium tangan juga dapat diterapkan kepada orang yang lebih tua, seperti kakak, nenek, paman, atau tetangga.

2. Mempererat Hubungan antara Anak dan Orang Tua

Salim atau mencium tangan tidak sekadar bersalaman. Tindakan ini juga terjadi komunikasi antara anak dan orang tua. Secara psikologi, ini baik untuk perkembangan anak.

3. Mendeteksi Kondisi Anak

Bersalaman melibatkan sentuhan antara orang tua dan anak. Interaksi ini dapat menjadi cara untuk mendeteksi kondisi fisik anak. Kebiasaan salim dengan mencium tangan bisa membantu orang tua untuk mengetahui keadaan anak.

4. Meningkatkan Perkembangan Psikososial

Psikososial berhubungan dengan perkembangan emosional seseorang dalam interaksi sosial. Kebiasaan bersalaman dengan mencium tangan dapat membentuk kebiasaan psikososial yang positif.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *