Nama Ayu Ting Ting mendadak diperbincangkan di X. Janda satu anak ini dipuji setinggi langit atas kontribusinya mempromosikan produk UMKM.
Alih-alih menyerobot kesempatan para UMKM, Ayu Ting Ting justru membuat segmen tersendiri di YouTube dengan membantu mempromosikan produk yang dijual UMKM melalui siaran langsung di TikTok.
“Ayu Ting Ting bikin segmen baru di YouTube: ngeborong UMKM yang jualan di live TikTok,” tulis salah satu pengguna X pada Sabtu (16/11/2024).
Menariknya, UMKM yang dipilih oleh sang biduan adalah yang sepi penonton saat sesi siaran berlangsung. Alhasil, UMKM tersebut mendapatkan keuntungan dari penjualan sekaligus endorsement gratis dari Ayu Ting Ting.
Aksi dari Ayu Ting Ting yang pamornya tak diragukan lagi langsung disanjung sekaligus dibandingkan dengan figur publik yang lain.
Perbandingan yang paling kentara adalah antara Ayu Ting Ting dan pasangan Sultan Andara, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.
“Mana nih fans Nagita yang selalu banding-bandingin, dia emang rendah hati dan terbaik dari dulu hihi,” ujar seorang warganet.
“Padahal semudah itu, tapi artis yang punya 35 PT dan makelar jabatan enggak mau ngelakuinnya,” komentar warganet yang diduga menyindir Raffi Ahmad.
Meski begitu, bukan berarti Raffi Ahmad tidak melakukan hal yang serupa dan abai terhadap UMKM yang ada di Indonesia.
Dukungan yang diberikan oleh Raffi Ahmad untuk UMKM sebenarnya sudah dimulai sejak 2020 lalu. Hanya saja, cara yang dipilih memang berbeda.
Misalnya pada awal 2024 ini, Raffi bersama Nagita mempromosikan UMKM dengan bantuan dari proyek acara sahur mereka yang dikenal dengan SauRans.
Menurut salah satu pemilik UMKM, Raffi memilih beberapa UMKM yang sesuai untuk bisa terlibat dalam acara SauRans. Bahkan UMKM-UMKM tersebut tidak perlu membayar biaya pendaftaran untuk bisa dipromosikan bersama acara milik Raffi Ahmad.