JAKARTA – MotoGP telah mengonfirmasi bahwa mereka akan memperkenalkan logo baru untuk musim mendatang. Logo ini dijadwalkan untuk diungkapkan pada akhir musim 2024 di Valencia.
Konsep mengenai logo baru ini pertama kali muncul pada April 2024, menyusul akuisisi 86 persen saham MotoGP oleh Liberty Media, yang diharapkan akan selesai pada akhir tahun ini.
Pebalap Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia, mengangkat trofi kemenangannya di podium pertama usai balapan MotoGP Jepang 2024 di Sirkuit Motegi, pada 6 Oktober 2024. (Photo by Toshifumi KITAMURA / AFP)
Logo baru ini akan diperkenalkan pada 17 November 2024 dan dirancang oleh studio desain independen, Pentagram.
“Setelah bekerja sama dengan studio desain independen terbesar di dunia, Pentagram, olahraga paling menarik di dunia ini siap untuk mengungkapkan identitas merek baru,” ungkap MotoGP, seperti dilansir dari Crash, Kamis (10/10/2024).
Dorna Sport, yang bertindak sebagai promotor MotoGP, menyatakan bahwa logo baru ini dirancang untuk mencerminkan sejarah sambil tetap berorientasi pada masa depan yang gemilang.
Pebalap MotoGP Enea Bastianini
“Dirancang untuk mencerminkan warisan kami yang kaya dan segala sesuatu yang ingin dicapai oleh olahraga ini, MotoGP masa depan merupakan hasil dari lebih dari setahun penelitian yang melibatkan penggemar, pebalap, dan tokoh-tokoh penting dalam olahraga ini. Semua ini ditujukan untuk menjawab pertanyaan: apa itu MotoGP?,” tambah Dorna.
Perlu dicatat bahwa logo MotoGP yang ada saat ini telah digunakan sejak tahun 2000 dan mengalami sedikit perubahan pada tahun 2007, tetapi tidak ada perubahan yang signifikan.
Perubahan logo ini bertujuan untuk meningkatkan identitas merek MotoGP dan menjadi salah satu fokus utama Dan Rossomondo, kepala bagian komersial MotoGP yang menjabat sejak 2023.