BeritaOtomotif

Uji Coba Dua Mobil Ramah Lingkungan Milik Honda

×

Uji Coba Dua Mobil Ramah Lingkungan Milik Honda

Share this article
Uji Coba Dua Mobil Ramah Lingkungan Milik Honda

Honda Prospect Motor – PT Honda Prospect Motor (HPM) telah resmi memperkenalkan kendaraan MPV STEP WGN e:HEV pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

Mobil bongsor ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang layak untuk disimak secara menyeluruh.

Produsen otomotif asal Jepang ini memberikan kesempatan kepada awak media untuk merasakan langsung kendaraan yang belum diketahui jadwal peluncurannya tersebut.

Banyak konsumen Honda yang diwawancarai oleh pihak internal menginginkan kendaraan tersebut agar segera diluncurkan di Indonesia.

Tak heran jika konsumen Honda mendambakan kendaraan ini, pasalnya kendaraan sekelas Toyota Voxy atau Nissan Serena ini memang memancarkan nuansa yang elegan dan ramah keluarga.

Dengan ruang yang lapang, kendaraan ini sesuai dengan komitmen Honda untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang sepanjang perjalanan.

Kendaraan ini memiliki dimensi panjang 4.830 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.845 mm, mampu memuat tujuh orang penumpang, sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia.

Ruang kendaraan ini memberikan kenyamanan bagi penumpang di baris kedua, mirip dengan kendaraan MPV lainnya.

Honda menyajikan desain kabin dengan mengedepankan kenyamanan serta fleksibilitas melalui kursi yang dapat diatur dengan berbagai konfigurasi sesuai keinginan para penumpang.

Namun, pengaturan bangku di bagian depan masih menggunakan cara konvensional atau manual, bukan elektrik seperti kebanyakan kendaraan saat ini.

Kursi penumpang yang sangat fleksibel ini dapat diatur hingga menjadi tempat tidur bagi penumpang yang lelah dalam perjalanan. Sayangnya, kami tidak dapat menguji bangku baris ketiga karena keterbatasan waktu yang diberikan oleh PT Honda Prospect Motor yang berlokasi di Kawasan Industri Mitra Karawang, Jl. Mitra Utara II, Parungmulya, Kec. Ciampel, Karawang, Jawa Barat.

Sistem keamanan

Kendaraan yang sudah ada sejak tahun 1996 ini sangat populer di Jepang, Honda STEP WGN e:HEV yang akan masuk ke pasar otomotif Indonesia adalah generasi keenam.

Tak heran jika berbagai teknologi canggih dipasang pada kendaraan ini. Teknologi yang digunakan lebih banyak berfokus pada sistem keamanan bagi semua penumpang dan pengemudi.

Sistem keamanan tersebut meliputi Honda SENSING, termasuk: Collision Mitigation Braking System, False Start Prevention System, Backward False Start Prevention System, One Departure Mitigation System.

Selain itu, terdapat juga Short-Range Collision Mitigation Brake, Adaptive Cruise Control (ACC) at Traffic Jam, Lane Keep Assist System, Traffic Jam Assist, Lane Departure Warning, dan Auto High Beam.

Untuk menambah kesan modern, Honda juga menghadirkan sistem pendingin udara “Clean Air”, yang mendeteksi partikel halus seperti PM2.5 dan memurnikan udara dengan menggabungkan kontrol dan filter AC. Hal ini memberikan udara bersih untuk semua penumpang.

“Mobil ini sudah dilengkapi indikator kualitas udara di dalam kabin; jika hijau, itu bagus, dan ini real time,” kata salah satu instruktur yang menemani uji coba kendaraan ini.

Kendaraan ini hadir dengan dua varian mesin yaitu petrol 1.5L VTEC dengan transmisi CVT dan 2.0L untuk varian e:HEV dengan transmisi e-CVT di Jepang.

Honda STEP WGN mampu menghasilkan tenaga maksimum 145 PS di rpm 6.200 dan 175 Nm di rpm 3.500. Sementara motor listriknya dapat menghasilkan 184 PS di rpm 5.000 – 6.000 dan 315 Nm di 0-2.000 rpm.

Untuk varian Petrol di Jepang, tersedia tenaga penggerak FWD dan AWD. Sementara untuk varian e:HEV, menggunakan tenaga penggerak FWD.

Honda e:N1

PT HPM juga memberikan kesempatan kepada awak media untuk menguji kendaraan pertama berbasis baterai, yaitu Honda e:N1.

Mobil berjenis SUV ini lahir menggunakan platform yang juga dimiliki oleh Honda HR-V generasi terkini, dengan mengedepankan desain e:N Architecture F yang stylish dan premium, dipadu dengan teknologi powertrain bertenaga tinggi.

Dalam uji coba ini, awak media merasakan berbagai mode berkendara dari kendaraan yang menghasilkan nol emisi ini.

Terdapat tiga mode berkendara: Normal, Econ, dan Sport, yang memberikan sensasi berbeda melalui pengalaman berkendara.

Meskipun untuk dua mode, yakni Normal dan Econ, tidak terlalu signifikan, berbeda saat menggunakan mode Sport.

Mode ini memberikan kegembiraan kepada pengendara yang menyukai akselerasi. Hentakan saat menggunakan mode ini sangat terasa semenjak pedal gas diinjak.

Pada pengujian 0-100 km/h menggunakan mode sport, catatan yang kami dapatkan adalah 6.7 detik. Waktu ini dapat bervariasi, kami mendapatkan catatan tersebut dalam kondisi tiga orang dewasa di dalamnya.

Baterai

Honda e:N1 menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 68.8 kWh, yang dapat memberikan daya jarak tempuh maksimum 500 km dalam sekali pengisian.

Kendaraan ini menghasilkan torsi maksimum sebesar 310 N.m, menjadikannya sebagai mobil SUV listrik pertama Honda yang tetap menghadirkan karakter berkendara yang Fun to Drive.

Selain itu, Honda e:N1 juga telah mengusung teknologi DC fast charging, memungkinkan pengisian 80 persen kapasitas baterai dalam waktu 50 menit.

Seperti halnya MPV STEP WGN e:HEV, kendaraan ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan canggih, seperti Blind Spot Information, Cross Traffic Monitor (CTM), delapan titik sensor parkir (empat di depan dan empat di belakang), Walk Away Auto Lock, dan Front and Rear Passenger Seat Belt Reminder.

Ditambah dengan Rear Seat Reminder, Agile Handling Assist (AHA), Multi-angle Rearview Camera, enam Airbags, ABS + EBD, Vehicle Stability Assist (VSA), Acoustic Vehicle Alerting System (AVAS), ISOFIX & Child Anchor, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), serta Temporary Puncture Repair Kit (TPRK).

Honda e:N1 merupakan SUV listrik pertama Honda yang pertama kali diperkenalkan di China pada tahun 2022 dengan nama Honda e:NS1 dan e:NP1.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *