SOLO – Ketika menghadapi situasi berkendara yang menantang, seperti macet di tanjakan, sangat penting untuk memahami dengan baik posisi tuas transmisi mobil matik yang benar.
Seringkali pengemudi kebingungan dan salah memposisikan tuas transmisi matik, yang dapat menyebabkan kerusakan pada sistem transmisi.
Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service, menyebutkan bahwa saat mobil matik harus berhenti di tanjakan karena macet, posisi tuas transmisi sebaiknya di N.
Tuas transmisi mobil matik
“Jika berhenti karena macet, cukup posisikan tuas transmisi matik di N dan aktifkan handrem,” kata Muchlis, Jumat (11/10/2024).
Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta, juga sepakat bahwa saat terjebak macet di tanjakan, sebaiknya tuas transmisi di N.
“Jika mobil berhenti cukup lama, pengemudi harus memindahkan tuas transmisi ke netral agar tidak merusak komponen,” ujarnya.
Hardi menambahkan, jika memindahkan ke posisi D dalam waktu lama juga akan membuat kampas forward clutch cepat aus, serta putaran mesin yang tinggi dapat menyebabkan oli transmisi overheat, mengakibatkan penurunan performa.
Dia juga mengatakan bahwa jika mobil belum dilengkapi fitur auto brake hold, menginjak pedal rem dalam waktu lama bisa meningkatkan risiko mobil meluncur ke bawah. Oleh karena itu, lebih aman jika tangan juga aktifkan rem tangan.