BeritaOtomotif

Mengenal Histori SUV, Mobil yang Berakar dari Konsep Jip Sipil

×

Mengenal Histori SUV, Mobil yang Berakar dari Konsep Jip Sipil

Share this article
Mengenal Histori SUV, Mobil yang Berakar dari Konsep Jip Sipil

JAKARTA – Mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) saat ini semakin populer di seluruh dunia. Penjualan SUV meningkat pesat dibandingkan dengan sedan, hatchback, dan jenis Multi Purpose Vehicle (MPV).

Namun, istilah SUV sendiri baru mulai dikenal luas pada era 1970-an hingga 1980-an.

SUV dipercayai merupakan pengembangan dari jip, yang awalnya merupakan kendaraan tangguh untuk keperluan militer, tetapi kemudian disesuaikan untuk penggunaan sipil dengan kenyamanan dan desain yang lebih elegan.


ANTARA FOTO/RAHMAD

Konsep jip sipil diyakini muncul setelah Perang Dunia II. Salah satunya dikenal sebagai CJ atau Civilian Jeep.

Pada tahun 1945, Willys meluncurkan model CJ2 dan CJ3, yang tidak hanya diproduksi di Amerika Serikat tetapi juga diproduksi di negara lain dengan lisensi. Di Perancis, Willys muncul pada tahun 1950 dan 1955 dengan nama Delahaye dan Hotchkiss.

Saat yang sama, jip sipil lainnya pun muncul; di Inggris ada Land Cruiser (1948), di Italia ada Fiat Campagnola (1951), serta di Jepang terdapat Toyota Land Cruiser FJ55 (1954) dan Nissan Patrol (1950-an).


Dok. Mercedes-Benz

Dari konsep jip sipil tersebut, muncul mobil utility vehicle yang kemudian berkembang menjadi sport utility vehicle atau SUV. SUV pertama kali dikembangkan di Amerika Serikat pada tahun 1960-an dengan nama utility vehicle, yakni International Harvester Scout.

Kehadiran International Harvester Scout diikuti oleh Jeep Wagoneer dan Cherokee, Ford Bronco, Toyota Land Cruiser FJ55, Chevrolet Blazer, Range Rover, serta Mitsubishi dengan model Pajero (Montero) dan Nissan Patrol.

SUV Century Convertible
Youtube Toyota Japan

Meskipun SUV berkembang pesat, tidak semua jip sipil diubah menjadi SUV. Beberapa produsen tetap mempertahankan desain jip klasik yang kuat dan kaku.

Contohnya, Mercedes-Benz yang masih memproduksi G-Class namun juga meluncurkan SUV di seri GLS, GLE, dan GLC. Contoh lain termasuk Wrangler dan Land Rover Defender yang tetap mempertahankan karakteristik jipnya.

Menurut informasi yang diperoleh, istilah SUV pertama kali digunakan dalam brosur Jeep Cherokee SJ pada tahun 1974, menjadikannya salah satu SUV pertama di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *