BeritaOtomotif

Terhindar Macet di Puncak, Pilih Jam Pulang yang Lebih Cepat

×

Terhindar Macet di Puncak, Pilih Jam Pulang yang Lebih Cepat

Share this article
Terhindar Macet di Puncak, Pilih Jam Pulang yang Lebih Cepat

BOGOR – Menjelang akhir libur panjang, ada kemungkinan terjadinya kemacetan parah menuju Jakarta dari Puncak, Kabupaten Bogor. Para wisatawan disarankan untuk bersiap menghadapi situasi ini.

Direktur Pelatihan Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana, menyampaikan bahwa sulit untuk menghindari kemacetan di Puncak, terutama pada saat musim libur.

“Mitigasi kemacetan itu agak tricky, lebih baik atur jam pulang saat wisatawan lain masih lengah,” ungkap Sony.

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy Pengendara terjebak kemacetan parah di Puncak, Kabupaten Bogor, Minggu (15/9/2024). Warga menyebut, kemacetan ini terjadi sejak siang.

Misalnya, jika orang memilih untuk pulang ke Jakarta setelah makan siang atau sore, lebih baik memilih waktu pagi untuk menghindari kemacetan, meskipun waktu liburan jadi terasa lebih singkat.

“Memang ini mengurangi jam libur, tapi bisa terhindar dari kemacetan. Itu yang perlu dipertimbangkan,” ucap Sony.

Alternatif lain adalah mencari rute yang berbeda. Disarankan untuk tidak melewati jalan Ciawi, karena pasti akan ada kemacetan di sana, baik dari jalan tikus maupun pertemuan kendaraan yang menuju Puncak.

“Jalan Puncak I sudah sangat padat dengan kendaraan. Kemacetan juga diperparah oleh kendaraan yang stop and go. Jika tetap memilih jalur ini, bersiap-siaplah untuk terjebak kemacetan,” tambah Sony.

Opsi terakhir, para wisatawan bisa mempertimbangkan untuk menginap satu malam lagi. Walaupun pulang keesokan harinya tidak menjamin terhindar dari macet, tetapi setidaknya situasinya tidak akan separah saat semua orang berencana pulang ke Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *