BeritaTeknologi

Huawei Mate XT Resmi, Ponsel Layar Lipat Tiga Pertama di Dunia

×

Huawei Mate XT Resmi, Ponsel Layar Lipat Tiga Pertama di Dunia

Share this article
Huawei Mate XT Resmi, Ponsel Layar Lipat Tiga Pertama di Dunia

Huawei baru saja meluncurkan ponsel lipat terbarunya, Mate XT pada Selasa (10/9/2024). Berbeda dari ponsel lipat lainnya yang umumnya bisa dilipat menjadi dua bagian, Huawei Mate XT memiliki layar yang dapat dilipat hingga tiga bagian.

Perusahaan mengklaim bahwa desain lipatan ini menjadikan Mate XT sebagai ponsel lipat pertama di dunia yang dapat dilipat tiga kali.


AndroidAuthority Ilustrasi ponsel layar lipat tiga Huawei Mate XT.

Layar utama Huawei Mate XT menggunakan panel OLED dengan rasio 16:11, berukuran 10,2 inci dan resolusi 2.232 x 3.184 piksel. Layar ini didukung oleh dua engsel yang membagi layar menjadi tiga bagian.

Engsel tersebut diletakkan di sepertiga bagian kiri dan kanan layar utama, dilindungi dengan kaca ultra tipis.

Engsel di bagian kiri memungkinkan layar dilipat keluar, sementara engsel di bagian kanan memungkinkan layar dilipat ke dalam, dengan fungsi serupa pada ponsel lain di pasaran.

Ketika layar dilipat setengah, bentuknya menyerupai huruf ā€œZā€. Saat dilipat sepenuhnya, bagian layar yang dilipat keluar akan berubah menjadi layar sekunder (Cover Screen) berukuran 6,4 inci (1.008 x 2.232 piksel).

Pengguna juga memiliki opsi untuk melipat hanya layar bagian kiri, sehingga Huawei Mate XT dapat menampilkan layar yang lebih luas dari Cover Screen dengan ukuran 7,9 inci (2.048 x 2.232 piksel).

Ketika dilihat dari sisi mana pun saat layar dilipat sepenuhnya, Huawei Mate XT tampak seperti tiga ponsel tipis yang ditumpuk rapi.

Dimensi ketebalan ponsel ini cukup ramping, yakni 3,6-4,8 mm saat layar dibentangkan, dan 12,8 mm saat ponsel dilipat sepenuhnya.

Spesifikasi Huawei Mate XT


GSMArena Ilustrasi ponsel layar lipat tiga Huawei Mate XT.

Ponsel ini dilengkapi dengan tiga kamera belakang yang terletak dalam modul berbentuk segi delapan. Ketiga kamera masing-masing memiliki resolusi 50 MP (f/1.4-4.0, PDAF, OIS), 12 MP (f/3.4, telefoto, 5,5x optical zoom), dan 12 MP (f/2.2, ultrawide).

Kamera utama memiliki aperture variabel yang bisa disesuaikan dari f/1.4 hingga 4.0, tergantung pada intensitas cahaya yang masuk ke dalam lensa.

Di bagian depan, terdapat satu kamera 8 MP (f/2.2) yang ditempatkan di sudut kiri atas layar utama.

Terkait performa, Huawei belum mengungkap informasi mengenai chipset yang digunakan pada Mate XT. Rumor beredar bahwa ponsel ini kemungkinan menggunakan Kirin 9010 5G, chipset yang juga dipakai pada ponsel flagship terbaru, dan mendukung komunikasi melalui satelit.

Ilustrasi ponsel layar lipat tiga Huawei Mate XT.
GSMArena Ilustrasi ponsel layar lipat tiga Huawei Mate XT.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *