BeritaTeknologi

Apple Fanboy Ternyata Enggak Buru-buru Ganti iPhone Baru

×

Apple Fanboy Ternyata Enggak Buru-buru Ganti iPhone Baru

Share this article
Apple Fanboy Ternyata Enggak Buru-buru Ganti iPhone Baru

Seri iPhone 16 resmi diluncurkan pada 9 September 2024. Apple memperkenalkan berbagai fitur baru untuk menarik perhatian para penggemar gadget mereka.

Dari peningkatan kamera, baterai yang lebih tahan lama, hingga fitur AI, banyak hal baru yang ditawarkan. Namun, meskipun iPhone generasi terbaru ini menggiurkan, tidak serta merta membuat pengguna merasa wajib untuk upgrade.

Pemilik perangkat Apple, terutama di Amerika Serikat, dilaporkan tidak terburu-buru untuk mengganti perangkat lama mereka dengan yang baru. Banyak dari mereka lebih memilih untuk menggunakan perangkat yang ada lebih lama dari sebelumnya.

Hal ini terungkap dalam laporan terbaru yang dikeluarkan oleh lembaga riset pasar asal Amerika Serikat, Consumer Intelligence Research Partners (CIRP).

Laporan ini memberikan rincian mengenai berapa lama pengguna Apple mempertahankan iPhone mereka sebelum melakukan upgrade selama periode 2019-2024.


CIRP Data mengenai berapa lama pengguna Apple menggunakan perangkat iPhone miliknya sebelum beralih ke model yang lebih baru. Kini, pengguna cenderung lebih lama menggunakan iPhone mereka (minimal dua hingga lebih dari tiga tahun) sebelum memutuskan untuk membeli model baru.

Dari data tersebut terlihat bahwa persentase pengguna yang mempertahankan iPhone mereka selama dua tahun hingga tiga tahun atau lebih meningkat menjadi 34 persen (naik dari 31 persen di 2020). Pengguna yang memiliki iPhone selama dua tahun tetapi kurang dari tiga tahun juga mengalami peningkatan menjadi 33 persen (naik dari 30 persen di 2020). Di sisi lain, pengguna yang melakukan upgrade dalam rentang waktu satu hingga dua tahun turun dari 28 persen (2020) menjadi 25 persen (2024).

Antara 2019 hingga 2024, jumlah pengguna yang melakukan upgrade iPhone setiap tahun juga menunjukkan penurunan, dengan hanya tersisa 8 persen pada 2024.

Perbandingan data antara 2019 dan 2024 menunjukkan adanya perubahan perilaku pengguna iPhone dalam keputusan meng-upgrade. Saat ini, pengguna cenderung lebih lama bertahan dengan iPhone mereka sebelum akhirnya memutuskan untuk mengganti dengan model baru.

Alasan membeli iPhone baru

Saat ini, alasan pengguna untuk melakukan upgrade juga bergeser. Dahulu, fitur baru menjadi prioritas utama, tetapi kini lebih berfokus pada kebutuhan. Sekitar 75 persen responden menyebutkan bahwa perangkat lama mereka sudah usang atau mereka perlu mengganti perangkat yang hilang, rusak, atau dicuri.

Alasan lainnya adalah penurunan kinerja iPhone, seperti perangkat yang melambat, baterai yang bermasalah, atau isu teknis lainnya. Hanya sekitar 18 persen pelanggan yang mengatakan bahwa fitur baru menjadi alasan utama mereka untuk melakukan upgrade.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *