BeritaOtomotif

Hasil MotoGP San Marino 2024, Marquez Juara, Bagnaia Kedua, Martin Salah Strategi

×

Hasil MotoGP San Marino 2024, Marquez Juara, Bagnaia Kedua, Martin Salah Strategi

Share this article
Hasil MotoGP San Marino 2024, Marquez Juara, Bagnaia Kedua, Martin Salah Strategi

JAKARTA – Marc Marquez kembali meraih kemenangan pada MotoGP San Marino 2024. Ini merupakan kemenangan kedua berturut-turut bagi Marquez setelah sebelumnya juga berhasil meraih gelar di MotoGP Aragon 2024.

Di posisi kedua, terdapat Francesco Bagnaia, sedangkan Enea Bastianini menempati podium ketiga. Jorge Martin terpaksa gagal meraih podium akibat strategi yang kurang tepat dalam balapan kali ini, setelah melakukan dua kali pergantian motor.

Bagnaia, yang memulai balapan dari posisi terdepan di Sirkuit Misano, tampil baik dan langsung memimpin jalannya perlombaan.

Pada awal balapan, bendera putih dikibarkan akibat beberapa bagian trek yang masih basah karena hujan. Race Direction mengumumkan bahwa pebalap diperbolehkan untuk mengganti motor, menandakan perlombaan dapat berlangsung dengan flag-to-flag.

Morbidelli memegang posisi kedua untuk sementara, namun tidak lama kemudian, Jorge Martin mengambil alih posisi tersebut.

Di lap pertama, terjadi senggolan antara Marc Marquez dan Enea Bastianini. Marquez, yang start dari posisi kesembilan, berhasil naik ke posisi ketujuh, sementara Bastianini tetap di depan.

Memasuki lap kedua, Martin mencoba untuk menyusul, tetapi Bagnaia mampu bertahan.

Sementara itu, Pedro Acosta berusaha menyalip Morbidelli, tetapi gagal dan mengalami senggolan yang membuat winglet di motor Acosta patah.

Di lap ketiga, Bagnaia mulai menjauh dari Martin dengan selisih 0,4 detik, dan jarak Martin dengan Morbidelli juga terbuka hingga 0,5 detik.

Memasuki lap keempat, Bagnaia menjauh dari Martin hingga 0,6 detik. Di belakang, Brad Binder masih bertahan di posisi kelima.

Di lap yang sama, Acosta terjatuh akibat lowside, namun beruntungnya ia tidak mengalami cedera serius dan bisa segera bangkit.

Di lap keenam, Martin masih menguntit Bagnaia, sementara jarak antara Martin dan Morbidelli cukup dekat. Namun, ketiga pebalap terdepan telah membuka jarak yang jauh dari pebalap di belakang mereka.

Memasuki lap ketujuh, Morbidelli terjatuh di tikungan 1 karena lowside, yang diduga akibat kondisi trek yang licin setelah hujan.

Dengan 21 lap tersisa, tim mulai menyiapkan motor cadangan. Bagnaia tetap bertahan di lap kedelapan dengan motor yang sama, sementara Martin memilih untuk mengganti motornya.

Saat ini, Binder berada di posisi kedua, diikuti oleh Marc di tempat ketiga. Di lap kedelapan, Marc menyalip Binder dan kemudian juga melampaui Bagnaia menjelang lap kesembilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *