BeritaOtomotif

Motor yang Lama Menganggur Bisa Mengalami Penyakit Mesin

×

Motor yang Lama Menganggur Bisa Mengalami Penyakit Mesin

Share this article
Motor yang Lama Menganggur Bisa Mengalami Penyakit Mesin

JAKARTA – Banyak pemilik motor yang tidak menyadari risiko yang bisa muncul jika kendaraan mereka dibiarkan idle terlalu lama tanpa digunakan.

Salah satu masalah serius yang dapat timbul adalah kebocoran kompresi, yaitu kondisi di mana tekanan udara yang seharusnya terjaga dalam ruang bakar menjadi berkurang.


suzuki Kompresi motor bisa bocor jika motor lama tidak digunakan.

Menurut Wahyu Budhi, Instruktur Pusat Teknik PT Wahana Makmur Sejati, motor yang tidak dijalankan dalam waktu lama akan mengalami penumpukan masalah pada beberapa komponen penting, terutama pada piston dan silinder.

“Motor yang lama diam akan menyebabkan piston di silinder juga diam, yang mana kedua bagian ini paling rawan aus akibat gesekan dan memerlukan kemampatan ekstra,” jelas Wahyu.

Dia menambahkan, posisi piston yang diam terlalu lama bisa menyebabkan permukaan silinder mengalami luka atau goresan.

“Posisi diam piston terlalu lama dapat mengakibatkan luka di bagian silinder yang tertempel, yang lama-kelamaan dapat mengikis dan menghasilkan kebocoran kompresi,” lanjutnya.

Masalah ini tidak hanya menurunkan performa motor, tetapi juga bisa memicu biaya perbaikan yang besar jika dibiarkan berlangsung lama.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *