BeritaTeknologi

AI di TV Neo QLED 8K Samsung Bisa Atur Warna sesuai Jenis Tayangan

×

AI di TV Neo QLED 8K Samsung Bisa Atur Warna sesuai Jenis Tayangan

Share this article
AI di TV Neo QLED 8K Samsung Bisa Atur Warna sesuai Jenis Tayangan

JAKARTA – Samsung resmi memperkenalkan smart TV Neo QLED 8K terbarunya di pasar Indonesia, Kamis (12/9/2024). Terdapat tiga seri yang dirilis, yaitu Neo QLED 8K QN800D dengan ukuran 65 inci dan 75 inci, serta QN900D dengan ukuran layar 85 inci.

TV Samsung Neo QLED 8K mengunggulkan fitur berbasis teknologi artificial intelligence (AI/kecerdasan buatan). Salah satu fitur menarik yang diperkenalkan adalah AI Customization Mode, yang diklaim hadir pertama kali di Smart TV Samsung.

Ubay Bayanudin, Head of Product AV Business Samsung Electronics Indonesia, menjelaskan bahwa dengan fitur AI ini, pengguna tidak perlu repot mengatur pengaturan warna genre tayangan.

“Televisi ini memberikan pilihan kepada konsumen untuk melakukan set up (warna) di awal, sesuai dengan tayangan yang ditonton, seperti film, berita, dan genre kesukaan mereka,” ungkap Ubay dalam acara peluncuran yang berlangsung di Menteng, Jakarta Pusat.


Keterangan: Tampilan smart TV Samsung Neo QLED 8K yang sudah resmi dirilis di Indonesia, Kamis (12/9/2024)

Ubay juga menjelaskan bahwa cara kerja dari fitur ini tidak sekadar menampilkan warna sesuai dengan pengaturan yang sudah dilakukan konsumen.

Warna yang telah disetel sebelumnya akan disesuaikan kembali oleh AI agar tetap relevan dengan genre atau jenis acara yang sedang ditonton.

“Setelah diatur, televisi akan mengenali konten/genre yang ditampilkan dan menyesuaikan pengaturan gambar yang paling sesuai dengan preferensi yang telah diatur sebelumnya,” lanjut Ubay.

Sebagai informasi tambahan, terdapat empat elemen visual yang biasanya menjadi acuan, yaitu spektrum gambar, tingkat kecerahan (brightness), kontras untuk ketajaman warna, dan temperatur warna untuk mengukur “suhu” dari gambar.

Secara umum, temperatur ini menawarkan dua opsi, yaitu warm (hangat, warna cenderung kuning) atau cold (dingin, warna cenderung biru).

“Dari keempat elemen visual ini, lewat AI Customization Mode, televisi dapat menganalisis konten yang ditampilkan sesuai dengan genre dan preferensi pengaturan,” tambah Ubay.

Demo dari fitur AI Customization Mode yang bisa mengatur warna tayangan sesuai dengan film atau acara yang ditonton pengguna di Samsung Neo QLED 8K
Keterangan: Demo dari fitur AI Customization Mode yang bisa mengatur warna tayangan sesuai dengan film atau acara yang ditonton pengguna di Samsung Neo QLED 8K.

Dalam demo yang ditampilkan, ketika fitur kustomisasi AI bekerja, pengguna tetap dapat mengatur beberapa elemen visual, seperti kontras, tingkat kecerahan, temperatur gambar, dan lain-lain.

Keleluasaan ini diakui sebagai nilai tambah. Selain memudahkan pengaturan warna tayangan televisi, pengguna juga bisa melakukan penyesuaian sesuai dengan selera atau kebutuhan mereka.

Samsung Neo QLED 8K juga disebut ramah lingkungan; pengguna dapat memantau jumlah keluaran daya melalui aplikasi Smart Things. Misalnya, dalam kondisi tertentu, jika AI telah memahami kebiasaan menonton, cahaya televisi akan diredupkan sesuai dengan kondisi ruangan.

Pengecekan keluaran daya dan biaya listrik yang dikeluarkan juga bisa dipantau lewat laporan terperinci dari Smart Things. Perlu dicatat bahwa smart TV ini harus terhubung terlebih dahulu ke aplikasi Smart Things.

Samsung TV Neo QLED 8K kini sudah dapat dibeli melalui toko resmi ataupun website resmi Samsung Indonesia. Terdapat tiga ukuran TV Neo QLED 8K yang baru dirilis, yaitu 65 inci, 75 inci, dan 85 inci.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *