BeritaOtomotif

Jangan Pindahkan Tuas Transmisi Matik ke P Sebelum Mobil Berhenti

×

Jangan Pindahkan Tuas Transmisi Matik ke P Sebelum Mobil Berhenti

Share this article
Jangan Pindahkan Tuas Transmisi Matik ke P Sebelum Mobil Berhenti

SOLO – Memarkir mobil dengan transmisi otomatis memerlukan perhatian khusus untuk mencegah kerusakan pada kendaraan dan menjamin keselamatan serta keamanan kendaraan.

Salah satu aspek penting dalam memarkir mobil otomatis adalah pemahaman yang benar tentang cara memindahkan tuas transmisi ke posisi (P) dengan aman.

THINKSTOCKPHOTOS Ilustrasi mobil terparkir.

Iwan, pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, menjelaskan bahwa memindahkan tuas transmisi otomatis ke posisi P sebelum mobil berhenti total dapat merusak transmisi.

“Karena gigi P di transmisi otomatis memiliki pawl, pastikan mobil benar-benar berhenti sebelum memindahkan tuas. Jika masih bergerak, pawl bisa rusak,” kata Iwan.

Ia juga menekankan pentingnya mengaktifkan rem tangan sebelum memindahkan transmisi ke P, untuk memastikan roda mobil sudah berhenti sepenuhnya.

Iwan menambahkan, ketika tuas transmisi otomatis berada di posisi P, parking pawl atau roda gigi parkir akan mengunci output shaft otomatis sehingga roda tidak dapat berputar.

Lajur paling kiri yang diperuntukkan bagi pengendara sepeda motor dijadikan tempat parkir mobil di Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (24/1/2018).Ridwan Aji Pitoko Lajur paling kiri yang diperuntukkan bagi pengendara sepeda motor dijadikan tempat parkir mobil di Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (24/1/2018).

Saat ini, kebanyakan mobil modern telah dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan yang dirancang untuk mencegah pengemudi meninggalkan mobil dalam posisi tidak aman.

“Pabrikan telah menyediakan pengaman, saat posisi transmisi tidak di P, kunci mobil tidak bisa dicabut. Untuk yang menggunakan smart keyless entry, kunci tidak dapat diputar ke posisi off atau hanya berhenti di ACC,” jelas Iwan.

Dengan memahami dan mengikuti prosedur yang benar saat memarkir mobil otomatis, transmisi akan tetap terjaga dan kendaraan dapat terhindar dari kerusakan.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *