BeritaOtomotif

Spesifikasi Zeekr 009, MPV Listrik yang Bakal Meluncur di Indonesia

×

Spesifikasi Zeekr 009, MPV Listrik yang Bakal Meluncur di Indonesia

Share this article
Spesifikasi Zeekr 009, MPV Listrik yang Bakal Meluncur di Indonesia

HANGZHOU – Merek premium asal China, Zeekr, akan memasuki pasar otomotif Indonesia pada akhir 2024. Zeekr akan memperkenalkan dua model, salah satunya adalah Zeekr 009.

Zeekr 009 merupakan mobil multi-purpose vehicle (MPV) listrik yang mewah. Segmennya saat ini masih sedikit pesaing di Indonesia karena baru dijajaki oleh MG Maxus 9.

Mobil ini pertama kali diluncurkan pada akhir 2022. Pabrikan menyebut mobil ini merevolusi segmen yang dulunya stagnan dengan menjadikannya sebagai tolok ukur baru lewat desain avant-garde dan teknologi mutakhir.

Foto: Zeekr Zeekr 009

Dari segi eksterior, tampilan Zeekr 009 bisa dibilang futuristik untuk gaya MPV yang mengotak. Gril depan dengan bilah-bilah dan bentuk lampu yang tidak biasa membuat tampilannya cukup menarik. Di bagian belakang, mobil ini dilengkapi dengan bilah lampu belakang terintegrasi sepanjang 1,47 m, desain yang unik yang meningkatkan estetika.

Interiornya bertema masa depan dengan panel instrumen digital 10,2 inci, serta layar sentuh LCD di bagian tengah ukuran 15,4 inci. Untuk memanjakan pendengar, tersedia 20 speaker besutan Yamaha.

Zeekr 009Foto: Zeekr Zeekr 009

Penumpang dapat memilih konfigurasi kursi, mulai dari enam hingga tujuh orang. Untuk model enam penumpang, kursi baris kedua menggunakan captain seat yang menjadi fitur unggulan mobil ini. Captain seat juga dilengkapi dengan sandaran lengan yang dapat dilipat dan ottoman seat atau leg extender yang bisa dioperasikan secara otomatis hanya dengan menekan tombol.

Kursi tengah dapat digeser maju atau mundur dengan rentang jarak yang cukup jauh untuk meningkatkan kenyamanan. Jika kursi baris ketiga dilipat, maka kursi baris kedua bisa direbahkan.

Zeekr 009Foto: Zeekr Zeekr 009

Zeekr memiliki dimensi panjang 5.209 mm, lebar 2.024 mm, tinggi 1.848 – 1.858 mm, dan wheelbase 3.205 mm. Secara keseluruhan, dimensinya mirip dengan Toyota Alphard. MPV ini mengusung konsep keselamatan 6S6S untuk memastikan keamanan keenam kursi di dalam mobil melalui serangkaian kamera, sensor, dan area keselamatan 720 derajat.

Meski merupakan merek asal China, teknologi yang diusung Zeekr 009 layak diperhitungkan. Ini tak lepas dari fakta bahwa Zeekr adalah bagian dari Geely Holding, induk perusahaan yang juga menaungi Volvo.

Zeekr 009Foto: Zeekr Zeekr 009

Rancangan menggunakan teknologi Geely Sustainable Experience Architecture 1 Platform (SEA 1) yang khusus untuk mobil listrik. Rangkanya sangat kaku, dengan beberapa bagian menggunakan alumunium cast. Zeekr 009 juga memanfaatkan potongan alumunium besar pada bagian rangka belakang yang dibuat menggunakan mesin die-casting terbesar di dunia seberat 7.200 ton.

Hal ini membantu mengurangi deformasi saat terjadi benturan dan meningkatkan kekakuan. Mobil ini juga pernah diuji dengan ditimpa beton seberat 30 ton, dan kerusakan yang dialaminya sangat minim.

Zeekr 009Foto: Zeekr Zeekr 009

Belum ada konfirmasi mengenai spesifikasi yang akan diluncurkan di Indonesia. Namun, di China, mobil ini dibekali dengan dua motor elektrik. Ada dua variasi daya yang tersedia, yaitu 536 Tk dan 778 Tk. Pilihan baterai ada tiga, yakni 116 kWh, 140 kWh, dan 108 kWh. Dengan variasi tenaga dan baterai yang berbeda, jarak tempuhnya juga bervariasi.

Versi terendah diklaim mampu menempuh jarak 702 km sekali isi ulang, sedangkan versi tertinggi dapat menjelajah 822 km. Motor listrik yang menggunakan silikon-karbida memungkinkan mobil ini berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 3,9 detik.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *