BeritaOtomotif

Jajal Honda Beat Deluxe buat Harian, Konsumsi BBM Tembus 63 Kpl

×

Jajal Honda Beat Deluxe buat Harian, Konsumsi BBM Tembus 63 Kpl

Share this article
Jajal Honda Beat Deluxe buat Harian, Konsumsi BBM Tembus 63 Kpl

JAKARTA – Honda Beat Deluxe yang baru diluncurkan merupakan generasi ke-8 sejak diperkenalkan pada tahun 2008. Dengan beberapa pembaruan terbaru, Beat diklaim memiliki performa yang semakin baik.

Tapi, bagaimana dengan konsumsi BBM skutik terjangkau ini? Mengingat bobot Beat terbaru berkurang hingga 3 Kg.

Kurangi bobot ini diperoleh dari hilangnya kick starter, perancangan ulang komponen mesin, hingga penggantian behel belakang dari bahan aluminium ke plastik.


Test ride Honda Beat Deluxe Smart Key

Ternyata, perubahan ini berdampak positif pada efisiensi konsumsi BBM. Hal ini diperoleh oleh tim editorial saat melakukan pengujian menggunakan metode full to full.

Berdasarkan pengetesan, Beat Deluxe melaju sejauh 63,9 Km melalui lalu lintas yang macet dan lancar.

Ketika diisi ulang, tangki Beat hanya memerlukan 0,94 liter BBM RON 92. Dengan demikian, jarak (63,9 Km) dibagi dengan 0,94 liter, menghasilkan konsumsi BBM 67 Km per liter.

Artinya, hasil ini sejalan dengan klaim Honda yang menyebutkan mampu mencapai 60 Km per liter. Dengan konsumsi BBM tersebut, jika tangki diisi penuh (4,2 liter), Beat Deluxe bisa menempuh jarak hingga 281,4 Km.

Untuk diketahui, cara berkendara yang dilakukan oleh test rider cukup normal. Saat terjebak macet, mereka berkendara dengan tenang dan sesekali memacu gas ketika jalanan kosong. Selain itu, motor juga digunakan tanpa penumpang.

Sementara itu, biaya pengisian BBM sampai penuh hanya menghabiskan Rp 54.390 (Harga Pertamax per September 2024: Rp 12.950 per liter).

Dapat dikatakan bahwa Beat Deluxe sangat efisien untuk digunakan sehari-hari. Berdasarkan perhitungan, biaya penggunaan per kilometer tidak sampai Rp 200.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *