BeritaEntertainmentSelebritis

Kritik Wacana Iuran Pensiunan Tambahan, Rieke Diah Pitaloka Tuai Pujian Warganet

×

Kritik Wacana Iuran Pensiunan Tambahan, Rieke Diah Pitaloka Tuai Pujian Warganet

Share this article
Kritik Wacana Iuran Pensiunan Tambahan, Rieke Diah Pitaloka Tuai Pujian Warganet

Detik-detik Rieke Diah Pitaloka mengkritik wacana program pensiun tambahan bagi para pekerja dalam Rapat Paripurna DPR RI pada Selasa (10/9/2024) kemarin tengah santer disorot publik.

Dalam rapat tersebut, Rieke Diah Pitaloka mulanya mengungkap sejumlah data sebagai bentuk sanggahan atas wacana program pensiun tambahan.

Selain tren PHK yang melonjak, ungkap Rieke Diah Pitaloka, pengelolaan dana pensiun oleh pemerintah juga mengalami kerugian.

“Saat ini, pertama, PHK trennya melonjak. Yang kedua, fakta membuktikan adanya kerugian dari dana pensiun yang dimobilisasi oleh program pemerintah, khususnya BUMN ASABRI, senilai Rp 22,78 triliun, Jiwasraya Rp 16,81 triliun, dan indikasi investasi fiktif di dana TASPEN sekitar Rp 1 triliun,” kata Rieke Diah Pitaloka.

Di samping itu, Rieke Diah Pitaloka juga mengungkap jika para pekerja telah dibebankan beragam pemotongan gaji untuk asuransi.

“Saat ini, potongan terhadap pekerja dan pemberi kerja di dalam skema jaminan sosial itu sudah cukup tinggi pimpinan. Total pekerja dipotong 4 persen dan pemberi kerja 10,24 persen hingga 11,74 persen,” sambungnya.

Rieke Diah Pitaloka menilai, wacana iuran pensiun tambahan akan memberatkan masyarakat kelas pekerja di kemudian hari.

“Kami berpandangan bahwa khususnya Ayat 4 Pasal 189 terindikasi kuat bertentangan dengan amanat konstitusi dan terindikasi akan mengakibatkan tumpang tingginya program pensiun yang telah dikelola dengan prinsip dana amanah dalam sistem jaminan sosial nasional,” tuturnya.

Oleh karena itu, Rieke Diah Pitaloka selaku anggota DPR Komisi IX menolak wacana iuran pensiun tambahan.

“Kami memohon dukungan dari pimpinan dan anggota DPR RI untuk menolak terbitnya PP tentang program pensiunan tambahan, karena dengan rasa keadilan rakyat yang saat ini sedang kesulitan mencari pekerjaan bahkan rekrutmen CPNS saja berantakan pimpinan,” pungkasnya.

Rieke Diah Pitaloka (Instagram/riekediahp)

Perihal itu, sejumlah warganet turut memberikan respons dan komentar yang beragam. Sebagian warganet tampak memberikan pujian untuk Rieke Diah Pitaloka.

“Jos nih oposisi,” tulis seorang netizen. “Lanjut bu, suarakan yang lantang,” ucap netizen lain.

“Bravo Rieke,” kata netizen lain. “Mari dukung mbak Rieke,” ujar netizen yang lainnya.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *