BeritaTeknologi

Apa Itu Spatial Audio yang Biasa Tersedia di TWS? Begini Fungsinya

×

Apa Itu Spatial Audio yang Biasa Tersedia di TWS? Begini Fungsinya

Share this article
Apa Itu Spatial Audio yang Biasa Tersedia di TWS? Begini Fungsinya

Spatial Audio menjadi salah satu fitur yang saat ini banyak ditawarkan pada perangkat earphone bluetooth atau TWS (True Wireless Stereo).

Fitur ini memang menjadi unggulan di banyak TWS dan sangat diincar oleh pengguna. Selain pada TWS, Spatial Audio juga tersedia di berbagai gadget terbaru lainnya, seperti smartphone, smart TV, dan headset VR.

Spatial Audio menarik perhatian karena dapat meningkatkan pengalaman mendengarkan audio. Jadi, apa sebenarnya Spatial Audio itu?

Jika Anda penasaran ingin mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini tentang fitur Spatial Audio yang biasa terdapat pada TWS saat ini.

Apa itu Spatial Audio?

Spatial Audio adalah teknologi pemrosesan audio yang mampu memanipulasi suara dari perangkat untuk menciptakan efek 3D. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk mendengarkan audio secara lebih realistis.

Spatial Audio dapat menghasilkan audio dari berbagai arah, sehingga suaranya terasa seolah berada di sekitar pengguna. Ini adalah perkembangan dari teknologi audio yang sebelumnya ada.

Pada dasarnya, terdapat teknologi audio mono dan stereo. Audio mono hanya dapat menghasilkan suara dari satu arah, sedangkan audio stereo mampu menciptakan suara yang lebih dinamis dengan membedakan suara secara horizontal, di sisi kanan dan kiri. Spatial Audio membawa teknologi audio ini lebih jauh lagi.

Apple Ilustrasi fitur Spatial Audio, yang mampu menghasilkan audio dari berbagai arah, sehingga membuat suara seolah-olah berada di sekitar pengguna.

Spatial Audio tidak hanya mampu menghasilkan suara dalam arah horizontal seperti audio stereo. Teknologi ini juga dapat memproduksi suara dalam arah vertikal, baik atas dan bawah, maupun depan dan belakang.

Dengan kemampuannya menghasilkan suara dalam ruang yang lebih luas, Spatial Audio memberikan kesan seolah suara datang dari segala arah di sekitar pengguna. Saat ini, fitur ini banyak dihadirkan pada perangkat audio seperti TWS.

Beberapa TWS juga dilengkapi dengan fitur deteksi kepala, yang dapat menyesuaikan arah suara berdasarkan posisi kepala pengguna. Misalnya, jika suara berasal dari depan dan pengguna menoleh ke kanan, suara tersebut akan terasa berpindah ke sisi kiri, sesuai arah kepala pengguna. Fitur ini membuat pengalaman audio menjadi lebih realistis.

Fungsi Spatial Audio

Pengguna akan merasakan efek yang kuat dari Spatial Audio saat menggunakan TWS atau perangkat audio lain yang mendukung saat mendengarkan musik, bermain game, atau menonton film. Setiap aktivitas tersebut menawarkan pengalaman yang berbeda dengan Spatial Audio.

Berkat teknologi ini, pengguna seolah berada di tengah-tengah pengalaman yang dijalani. Contohnya, saat bermain game, pengguna bisa jelas mendengar arah suara langkah kaki. Jika ada karakter atau musuh yang bergerak dari depan, dengan Spatial Audio, suara tersebut akan terdengar datang dari arah depan pula.

Di game tembak-tembakan atau First Person Shooter, Spatial Audio sangat membantu pengguna untuk mengetahui posisi musuh berdasarkan suara tembakan atau langkah kaki. Dengan fitur ini, suara yang kompleks dan realistis menjadi lebih mudah diidentifikasi.

Banyak perangkat TWS saat ini yang sudah mendukung Spatial Audio, seperti AirPods, Galaxy Buds, dan Redmi Buds. Di beberapa perangkat tersebut, Spatial Audio juga sering disebut sebagai 360 Audio.

Walaupun nama yang diberikan berbeda, secara umum, fitur ini memiliki kemampuan yang sama dalam menciptakan efek suara 3D. Itulah penjelasan mengenai Spatial Audio, semoga bermanfaat.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *