BeritaKesehatan

Tak Harus Susu Ikan, Ini 5 Sumber Protein Murah yang Bisa Diberikan untuk Program Makan Bergizi Gratis

×

Tak Harus Susu Ikan, Ini 5 Sumber Protein Murah yang Bisa Diberikan untuk Program Makan Bergizi Gratis

Share this article
Tak Harus Susu Ikan, Ini 5 Sumber Protein Murah yang Bisa Diberikan untuk Program Makan Bergizi Gratis

Susu ikan baru-baru ini menjadi topik hangat usai disebut-sebut sebagai alternatif sumber protein untuk program Makan Bergizi Gratis dari Presiden terpilih, Prabowo Subianto. Padahal tak harus susu ikan, berikut adalah sumber protein murah yang bisa diberikan dalam program makan bergizi gratis.

Protein adalah salah satu zat gizi makro yang sangat penting bagi tubuh. Konsumsi protein memberikan banyak manfaat, seperti mendukung metabolisme tubuh, memperbaiki sel dan jaringan yang rusak, serta membangun otot, tendon, organ, kulit, dan enzim.

Di Indonesia, ada berbagai jenis makanan tinggi protein yang dapat dikonsumsi. Pilihannya juga tak melulu mahal karena banyak pilihan sumber protein yang enak dengan harga terjangkau. Inilah 5 sumber protein murah yang bisa diberikan dalam program makan bergizi gratis.

1. Tahu

Tahu merupakan salah satu makanan yang sangat digemari di Indonesia. Tak hanya kaya protein, tahu juga tergolong sebagai bahan makanan yang murah dan mudah ditemukan. Dalam 100 gram tahu terkandung antara 8-14 gram protein, serta juga mengandung karbohidrat, lemak baik, kalsium, zat besi, dan berbagai nutrisi lainnya.

Selain harganya yang terjangkau, tahu juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan, seperti mencegah beberapa jenis kanker, mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes, memperkuat tulang, serta membantu melancarkan metabolisme tubuh.

2. Tempe

Seperti halnya tahu, tempe juga merupakan pilihan sumber protein yang ekonomis. Dalam setiap 100 gram tempe terdapat 14 gram protein serta berbagai zat penting seperti zat besi, fosfor, magnesium, dan kalsium.

Harga tempe juga sangat murah dan hampir sama dengan tahu, namun tempe memiliki keunggulan karena proses fermentasinya. Proses ini membuat tempe kaya akan prebiotik, yang mendukung kesehatan sistem pencernaan dan mengurangi risiko peradangan.

3. Telur

Telur adalah salah satu makanan yang kaya nutrisi dengan harga terjangkau. Tidak hanya itu, telur juga dapat diolah menjadi berbagai variasi menu makanan. Setiap butir telur mengandung sekitar 6 gram protein serta mineral, lemak baik, omega-3, vitamin D, dan berbagai zat penting lainnya.

Perlu diingat bahwa putih telur adalah sumber protein murni, sementara telur utuh menyediakan lebih banyak nutrisi. Kuning telur mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan lemak sehat, dengan rata-rata sebuah telur utuh mengandung sekitar 70 kalori.

4. Ikan Kembung

Ikan kembung merupakan sumber protein yang tinggi, dengan sekitar 18–20 gram protein per 100 gramnya. Rasanya pun sangat enak, apalagi jika dipadukan dengan sayur bening atau sayur asem.

Ikan kembung juga dapat menjadi alternatif yang lebih ekonomis dibandingkan ikan salmon, karena kandungan omega-3-nya yang tinggi, bahkan lebih banyak daripada ikan salmon.

5. Ikan Lele

Ikan lele kaya akan protein, dengan sekitar 18 gram protein dalam setiap 100 gramnya. Ikan lele juga mengandung lemak sehat seperti asam lemak omega-3 dan omega-6, yang baik untuk kesehatan otak, mata, dan jantung.

Selain itu, ikan lele juga kaya akan vitamin B12, yang penting untuk proses pembuatan sel darah merah. Memenuhi kebutuhan vitamin ini dapat membantu mencegah anemia.

Itulah 5 sumber protein murah yang bisa diberikan dalam program makan bergizi gratis.

Kontributor : Dini Sukmaningtyas

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *