BeritaTeknologi

Saat Xiaomi Hilangkan Tombol Fisik di HP-nya, Apple Rilis iPhone 16 dengan 5 Tombol

×

Saat Xiaomi Hilangkan Tombol Fisik di HP-nya, Apple Rilis iPhone 16 dengan 5 Tombol

Share this article
Saat Xiaomi Hilangkan Tombol Fisik di HP-nya, Apple Rilis iPhone 16 dengan 5 Tombol

iPhone 16 resmi diluncurkan pada Senin (9/9/2024) dan dilengkapi dengan tombol baru yang bernama “Camera Control”, menambah jumlah tombol fisik yang ada pada seri iPhone 16.

Total tombol fisik pada iPhone 16 kini menjadi lima. iPhone 16 mewarisi tombol-tombol dari seri iPhone 15 sebelumnya, ditambah dengan tombol Camera Control. Berikut adalah rincian tombol yang ada di iPhone 16:

  • Tombol power
  • Tombol Camera Control
  • Tombol volume atas
  • Tombol volume bawah
  • Tombol Action

Hal ini berbeda dengan inovasi yang dilakukan oleh Xiaomi, yang berencana untuk menghilangkan tombol fisik pada ponsel-ponsel buatan mereka.

Ponsel dengan nama kode “Zhuque” ini direncanakan akan dirilis pada tahun 2025. Tanpa tombol fisik, ponsel ini diharapkan akan menggunakan teknologi gesture control untuk mengoperasikan perangkat.

Selain menggunakan gestur, ponsel tanpa tombol dari Xiaomi ini juga akan memanfaatkan perintah suara sebagai salah satu metode kontrol.


GSM Arena Xiaomi disebut akan merilis ponsel tanpa tombol pada 2025 mendatang. Ponsel ini akan mengandalkan gesture control dan pengendali suara.

Smartphone tanpa tombol dari Xiaomi ini diperkirakan akan dipamerkan pada Februari 2025 di ajang Mobile World Congress (MWC), yang kerap menjadi platform bagi vendor untuk memperkenalkan perangkat terbaru mereka.

Pembeda

Kembali ke tombol Camera Control pada iPhone 16, ini menjadi salah satu pembeda utama seri iPhone 16 jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Seperti namanya, tombol ini dirancang khusus untuk mengoperasikan aplikasi kamera ponsel.

Tombol Camera Control terletak di sisi kanan bawah perangkat bersamaan dengan tombol power, mirip dengan tombol utama pada kebanyakan kamera digital atau DSLR.

Ketika ponsel di posisi landscape, maka tombol Camera Control berada di kanan atas, persis seperti saat menggunakan kamera DSLR atau mirrorless.

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max resmi dengan kamera ultrawide baru 48 MP, chip A18 Pro, tombol Control Camera.
Apple iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max resmi dengan kamera ultrawide baru 48 MP, chip A18 Pro, tombol Control Camera.

Tombol Camera Control tidak hanya berfungsi untuk memotret, tetapi juga dapat mengatur zoom dengan cara digeser, menentukan fokus objek dengan menekan lembut tombol, serta mengatur eksposur dan memilih filter foto. Tekan tombol sepenuhnya untuk mengambil foto.

Apple juga memanfaatkan Camera Control untuk mengaktifkan fitur “Visual Intelligence”, yang memungkinkan pengguna mengarahkan kamera ke objek atau pemandangan tertentu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai objek tersebut.

Fitur ini mirip dengan Google Lens atau Circle to Search yang terdapat di beberapa smartphone Samsung seperti seri Galaxy S24.

Namun, Visual Intelligence ini belum tersedia di iPhone 16 dan dijadwalkan rilis pada akhir tahun ini.

Sementara itu, tiga tombol lainnya, yaitu dua tombol volume dan tombol Action, terletak di sisi kiri iPhone, di mana tombol Action adalah yang terkecil di antara semuanya.

iPhone 16 dirilis pada Senin (9/9/2024) di Amerika Serikat
Apple iPhone 16 dirilis pada Senin (9/9/2024) di Amerika Serikat

Tombol Action diperkenalkan pertama kali oleh Apple di smartwatch Watch Ultra pada September 2022, dan kemudian diadopsi untuk iPhone 15 Pro. Tombol ini dapat disesuaikan untuk melakukan berbagai fungsi, termasuk merekam suara dan meluncurkan aplikasi kamera dengan menekan dan menahan tombol beberapa saat.

Walaupun tombol Action juga dapat digunakan untuk meluncurkan kamera, Apple telah merancang tombol Camera Control khusus untuk mengoperasikan kamera di seri iPhone 16.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *