BeritaTeknologi

Fitur Terjemahan Samsung Galaxy AI Makin Pintar, Paham Konteks Bahasa Indonesia dan Bisa “Offline”

×

Fitur Terjemahan Samsung Galaxy AI Makin Pintar, Paham Konteks Bahasa Indonesia dan Bisa “Offline”

Share this article
Fitur Terjemahan Samsung Galaxy AI Makin Pintar, Paham Konteks Bahasa Indonesia dan Bisa “Offline”

Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 dibekali dengan setidaknya 14 fitur Galaxy AI yang baru dan lebih canggih.

Salah satu fitur utama Galaxy AI adalah kemampuan menerjemahkan teks dan percakapan antara bahasa Indonesia dan bahasa asing.

Yanuar, Kepala Grup Software Platform di Samsung R&D Institute Indonesia (SRIN), menjelaskan bahwa fitur terjemahan Galaxy AI ini telah memahami konteks percakapan dalam bahasa Indonesia dengan baik.

Selain itu, fitur ini juga terintegrasi langsung di perangkat (AI on-device), sehingga dapat digunakan tanpa koneksi internet.

“Dengan ini, Galaxy AI kini lebih mampu memahami konteks pembicaraan dan memberikan terjemahan yang cepat, tepat, serta menjaga keamanan data,” ujar Yanuar dalam acara bertajuk “Unfolding Innovation with Galaxy AI” yang disiarkan secara daring.

Yanuar juga menyatakan bahwa dirinya dan tim SRIN terlibat langsung dalam pengembangan dan pengoptimalan paket bahasa Indonesia untuk Galaxy AI.

Tim SRIN telah mengembangkan model AI untuk model dasar, DSR (pengenalan suara), mesin terjemahan, dan TTS (text-to-speech) agar dapat menghasilkan terjemahan yang baik.

“Model-model tersebut kemudian kami compress dan optimize, sehingga dapat dipasang dengan sempurna ke dalam perangkat Galaxy,” tambahnya.


Sumber: Galuh Putri Riyanto

Selain itu, SRIN juga melakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut untuk menyediakan terjemahan yang relevan dan akurat.

Beberapa topik utama yang dilatih kepada Galaxy AI meliputi ekonomi, kesehatan, psikologi, AI, sejarah, lingkungan, dan politik.

Yanuar menambahkan bahwa khusus di Indonesia, pelatihan juga mencakup topik agama, yang berdasarkan riset internal SRIN sangat diminati oleh masyarakat.

“Kedelapan topik inilah yang diajarkan kepada Galaxy AI, sehingga AI dapat memahami konteks percakapan dan memberikan terjemahan yang tepat,” terang Yanuar.

Tim SRIN telah terlibat dalam pengembangan paket bahasa Indonesia sejak peluncuran Galaxy AI di seri Samsung S24 pada Januari 2024.

Dukungan bahasa Indonesia di Galaxy AI diluncurkan pada bulan April, tiga bulan setelah debut Galaxy AI. Sejak itu, dukungan bahasa Indonesia semakin stabil hingga saat ini.

“Paket bahasa Indonesia kami terus kembangkan dan aplikasikan ke Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6, dan hasilnya sangat memuaskan. Galaxy AI kini mampu memahami konteks percakapan dan memberikan terjemahan yang lebih akurat,” tutup Yanuar.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *