BeritaOtomotif

Muat 7 Penumpang, Boleh Isi Pertalite

×

Muat 7 Penumpang, Boleh Isi Pertalite

Share this article
Muat 7 Penumpang, Boleh Isi Pertalite

Mobil 7 Seater yang Tepat untuk Keluarga Besar

Bagi keluarga besar atau yang sering membawa banyak penumpang, mobil 7 seater tentu menjadi pilihan yang tepat. Namun, pemilihan mobil jenis ini bisa sedikit rumit terkait kebijakan pembatasan bahan bakar subsidi, seperti Pertalite.

Bagi Anda yang tidak ingin lepas dari “si bensin hijau” ini, pastikan Anda memilih mobil dengan spesifikasi yang memenuhi syarat, yakni di bawah 1400cc, agar dapat mendaftar QR code di My Pertamina.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas dengan kriteria tersebut, berikut 5 rekomendasi mobil bekas yang bisa dipertimbangkan:

1. Daihatsu Xenia Lawas (Varian Mesin 1.0)

Daihatsu Xenia/Toyota Avanza gen 1. (Favcars)

Daihatsu Xenia generasi pertama dengan mesin 1.0 liter adalah pilihan menarik bagi Anda yang memiliki anggaran terbatas. Meskipun kapasitas mesinnya kecil, mobil ini cukup bertenaga untuk penggunaan sehari-hari. Biaya perawatannya juga relatif terjangkau, dengan harga di pasaran mobil bekas sekitar 70 juta.

2. Toyota Avanza (Varian Mesin 1.3)

Toyota Avanza siap diekspor ke Timur Tengah. (Dok. Daihatsu Astra Motor)
Toyota Avanza siap diekspor ke Timur Tengah. (Dok. Daihatsu Astra Motor)

Toyota Avanza selalu menjadi pilihan populer di segmen Low MPV. Varian mesin 1.3 liter menawarkan performa yang lebih baik dibandingkan dengan varian 1.0 liter. Selain itu, nilai jual kembali Toyota Avanza juga cenderung stabil, dengan harga varian pertamanya masih bertahan di kisaran 70 juta.

3. Daihatsu Xenia (Varian Mesin 1.3)

Daihatsu Xenia/Toyota Avanza gen 1. (Favcars)
Daihatsu Xenia/Toyota Avanza gen 1. (Favcars)

Sama seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia varian 1.3 liter juga menawarkan performa baik. Mobil ini memiliki desain yang lebih sporty dibandingkan dengan Toyota Avanza, meskipun keduanya berbagi platform yang sama. Harga untuk mobil ini berkisar antara 80-100 juta.

4. Toyota Calya

Toyota Calya. [Toyota Astra Motor]
Toyota Calya. [Toyota Astra Motor]

Toyota Calya adalah mobil LCGC 7 seater yang cukup populer, dengan desain kompak dan lincah, cocok untuk perkotaan. Meskipun kapasitas mesinnya kecil, Toyota Calya terbilang irit bahan bakar. Harganya relatif tinggi, mulai dari 80-150 juta untuk varian bekas.

5. Daihatsu Sigra

Eksterior New Daihatsu Sigra [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Eksterior New Daihatsu Sigra [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Daihatsu Sigra memiliki desain mirip dengan Toyota Calya, tetapi dengan beberapa perbedaan di detail eksterior dan interior. Mobil ini dikenal irit bahan bakar dan harganya juga tidak jauh berbeda dari Calya, berkisar antara 70-150 juta.

Tips Memilih Mobil Bekas:

  • Cek Kondisi Mesin: Pastikan mesin dalam kondisi baik dan tidak ada kebocoran oli atau air radiator.
  • Cek Kondisi Transmisi: Pastikan transmisi bekerja dengan baik saat perpindahan gigi.
  • Cek Kondisi Interior dan Eksterior: Perhatikan kondisi jok, panel pintu, bodi, dan cat. Pastikan tidak ada kerusakan yang berarti.
  • Cek Kilometer: Semakin rendah kilometer, semakin baik kondisi mobil.
  • Test Drive: Lakukan test drive untuk merasakan performa dan kenyamanan mobil.
  • Bawa Mobil ke Bengkel: Setelah menemukan mobil yang cocok, sebaiknya bawa mobil tersebut ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kelima mobil bekas di atas menawarkan pilihan menarik bagi Anda yang mencari mobil 7 seater dengan harga terjangkau dan irit bahan bakar. Pastikan Anda melakukan riset yang cukup dan pemeriksaan menyeluruh sebelum memutuskan untuk membeli.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *