BeritaOtomotif

Mengenal Mobil Pertama di Dunia

×

Mengenal Mobil Pertama di Dunia

Share this article
Mengenal Mobil Pertama di Dunia

JAKARTA – Mobil merupakan salah satu moda transportasi paling populer saat ini. Di awal perkembangannya, mobil dirancang untuk menggantikan kereta kuda dalam mengangkut penumpang.

Secara definisi, kata automobile atau mobil diartikan sebagai kendaraan beroda yang memiliki mesin sendiri dan berfungsi memindahkan penumpang dari satu tempat ke tempat lain.

Kata automobile berasal dari bahasa Perancis, merupakan gabungan dari dua kata asing, yaitu auto dari bahasa Yunani kuno yang berarti ‘sendiri’, dan mobilis yang berasal dari bahasa Latin yang berarti ‘bergerak’.

Sekarang, siapa penemu mobil pertama kali?

Foto oleh Donny Mobil pertama di dunia yang jadi cikal bakal Mercedes-Benz hadir di Concours d’Elegance.

Melihat sejarahnya, penemu mobil pertama adalah Nicolas-Joseph Cugnot, seorang ilmuwan berkebangsaan Perancis, yang menciptakan mobil roda tiga bertenaga uap pada tahun 1769.

Menurut buku Sejarah Mobil & Kisah Kehadiran Mobil di Negeri Ini karya James Luhulima, meskipun Cugnot sering dianggap sebagai pencipta mobil, klaim tersebut kerap digugat oleh beberapa ahli.

Alasannya, kendaraan roda tiga yang dibuat oleh Cugnot tidak dianggap sebagai mobil, karena hanya dapat bergerak lurus beberapa meter sebelum terhenti karena menabrak dinding.

Adapun mobil bermesin pembakaran dalam atau internal combustion engine (ICE), yang kemudian dianggap sebagai mobil pertama di dunia, adalah Benz Patent Motorwagen ciptaan Karl Friedrich Benz.

Pada 29 Januari 1886, Imperial Patent Office di Berlin, Jerman, memberikan paten No. 37435 kepada Karl Benz untuk mobil roda tiga buatannya.

Koran bergambar mobil-motor paten Benz pada 1 Desember 1888Wikimedia Commons Koran bergambar mobil-motor paten Benz pada 1 Desember 1888

Benz Patent Motorwagen menggunakan mesin berpenggerak 4-tak, 1-silinder berkapasitas 984 cc, dengan bahan bakar bensin (benzene) yang saat itu dikenal sebagai ligroin.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 0,9 PK pada 400 rpm dan memiliki kecepatan maksimum 17 km per jam.

Surat kabar Neue Badische Landeszeitung, pada 4 Juni 1886, menulis berita berjudul “Sepeda Beroda Tiga Buatan Benz Menghasilkan Tenaga Hampir 1 PK.”

“Perusahaan itu… saat ini memproduksi sepeda beroda tiga yang digerakkan oleh mesin yang desainnya setara dengan mesin berbahan bakar gas. Mesin itu, yang memiliki 1 silinder dengan diameter 9 sentimeter, diletakkan pada per (pegas) di atas as (poros) roda belakang, tepat di tengah-tengah,” tulis buku tersebut.

“Walaupun penampilannya kurang meyakinkan, mesin itu dapat menghasilkan tenaga hampir 1 PK pada 300 putaran mesin per menit (rpm). Itu berarti kendaraan ini dapat melaju secepat kereta api,” tulis buku tersebut.

James Luhulima, yang pernah menumpang di replika Benz Patent Motorwagen di Frankfurt Motor Show 2007, menulis dalam bukunya bahwa suara mobil tersebut mirip dengan mesin pemotong rumput.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *