BeritaOtomotif

Curhat Pengemudi Nyaris Kecelakaan gara-gara Karpet Mobil Tersangkut

×

Curhat Pengemudi Nyaris Kecelakaan gara-gara Karpet Mobil Tersangkut

Share this article
Curhat Pengemudi Nyaris Kecelakaan gara-gara Karpet Mobil Tersangkut

JAKARTA – Salah satu fungsi karpet mobil adalah untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan pengemudi serta penumpang selama perjalanan. Namun, pemasangan yang tidak tepat justru dapat menimbulkan masalah serius.

Seperti yang terlihat dalam unggahan di Twitter @innovacommunity pada Selasa (10/9/2024), sebuah rekaman menunjukkan karpet mobil yang hampir menyebabkan kecelakaan karena ketidaksesuaian bentuknya.

Dalam video tersebut, seorang pria menjelaskan bahwa karpet yang tidak sesuai membuat pedal gas terhalang, sehingga ia kesulitan menginjaknya dan hampir mengalami kecelakaan.

“Aku tadi mau pulang dari Tawangmangu dan hampir kecelakaan. Ini karpet kesangkut di pedal gas, aku gak bisa injek gas. Apalagi tadi di tanjakan, tenaga yang keluar jadi minim, sehingga aku deg-degan, untung tidak terjadi apa-apa,” kata pria tersebut.

Sony Susmana, Direktur Pelatihan Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), menekankan bahwa banyak pemilik kendaraan yang melakukan modifikasi pada kabin tanpa mempertimbangkan keselamatan.

“Terlihat sepele, tetapi bisa berakibat fatal,” kata Sony saat dihubungi pada hari yang sama.

Ia menambahkan bahwa pemilik kendaraan diperbolehkan menggunakan karpet tambahan, namun keselamatan tetap harus diutamakan.

“Pertimbangannya adalah apakah karpet tersebut mengganggu saat mobil dalam kondisi bergerak? Karpet harus fix, tidak boleh bergerak walau sedikit, lebih baik jika ada pengait atau kancing,” jelas Sony.

Dalam memasang karpet mobil, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari material yang mudah dibersihkan agar tidak membahayakan kesehatan.

Warna karpet juga sebaiknya tidak gelap, sehingga kotoran atau benda asing mudah terlihat. “Dimensi karpet harus sesuai ukuran dek dan pedal di bawah. Ukurannya mungkin benar, tetapi jika dipasang terbalik juga keliru,” tambahnya.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *