BeritaKesehatan

Makanan yang Anda Makan Bisa Pengaruhi Bau Badan

×

Makanan yang Anda Makan Bisa Pengaruhi Bau Badan

Share this article
Makanan yang Anda Makan Bisa Pengaruhi Bau Badan

Banyak faktor yang dapat menyebabkan bau badan, dan salah satunya adalah makanan.

Menurut penelitian dari Prof Johan Lundström dari Karolinska Institutet di Stockholm, bau dan aroma berkaitan erat dengan berbagai variabel.

Lundström menjelaskan bahwa bau keringat kita dipengaruhi oleh kombinasi berbagai senyawa yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat, yang sebagian besar tergantung pada gen kita, populasi bakteri dalam tubuh, serta faktor lingkungan seperti kelembapan, suhu, dan tekanan udara.

“Selain itu, apa yang kita konsumsi juga memegang peranan penting,” tambahnya.

Makanan yang kita makan dapat berpengaruh besar terhadap bau tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat memengaruhi bau badan.

Macam makanan yang bisa menimbulkan bau badan tidak sedap

Lundström mengatakan bahwa meskipun belum sepenuhnya dipahami seberapa besar pengaruh makanan terhadap bau keringat, kita dapat mengidentifikasi jenis makanan yang berpotensi menyebabkan bau badan.

“Orang yang banyak mengkonsumsi daging cenderung memiliki bau badan yang ‘lebih kuat’ dibandingkan dengan mereka yang lebih banyak mengonsumsi sayuran,” ujarnya.

Makanan Penyebab Bau Badan

Berikut adalah beberapa daftar makanan yang bisa menjadi penyebab bau badan:

Jika Anda penggemar daging merah, seperti sapi, ini juga dapat menjadi sumber penyebab bau badan. Menurut ahli gastroenterologi Christine Lee, MD, saat Anda mengonsumsi daging merah, protein dalam daging tersebut dapat dilepaskan melalui keringat. Tetapi, ketika protein ini bercampur dengan bakteri di kulit, dapat menyebabkan timbulnya bau yang cukup kuat.

Daging Merah

Ikan juga dapat memengaruhi bau badan, tergantung pada faktor genetik individu.

Ikan

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *